Sunday, October 22, 2017

PT Dalle Energy Batam rampungkan PLTGU Batam

May 23, 2010 by  
Filed under Alternatif, Featured

PT Dalle Energy Batam, anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk., menyelesaikan pembangunan combine cycle pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) kapasitas 20,6 MW senilai US$54 juta di Panaran – Batam.

Darmoyo Doyoatmojo, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk, mengatakan pembangunan pembangkit gas uap ini membutuhkan waktu 22 bulan atau lebih cepat dua bulan dari target.

“Dengan peresmian secara komersial pembangkit ini lebih cepat dari jadwal, menunjukkan keseriusan dan komitmen perseroan untuk membantu pemerintah dalam penyediaan listrik,”  ujarnya siang tadi usai peresmian pembangkit tersebut di Panaran, Batam.

Combine Cycle Power Plant (CCPP) pembangkit tenaga gas uap ini dibangun diareal PLTG Panaran tahap II yang dioperasikan oleh PT Dalle Energy Batam sebagai anak perusahaan MedcoEnergi. Dengan tambahan 20,6 MW ini maka total kapasitas yang dihasilkan dari Panaran II menjadi 82,1 MW.

Setelah meresmikan CCPP di Panaran II, selanjutnya Medco Energi juga berencana mengembangkan pembangkit yang sama di PLTG Panaran I yang dioperasikan PT Mitra Energy Batam yang juga merupakan anak perusahaan Medco.

“Saat ini masih proses negosiasi dengan PLN, diperkirakan pertengahan 2010 ini bisa dimulai dan selesai pada pertengahan 2012,” kata Darmoyo.

Yovie Priadi, Direktur Utama PT Dalle Energy Batam, mengatakan pengembangan CCPP ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya bahan bakar pembangkit yang sudah ada tanpa perlu menambah pasokan gas.

“Proses produksi energi menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan karena tidak ada polusi sisa pembakaran yang dilepas ke udara,” paparnya.

Proyek pengembangan CCPP ini dimulai pada 13 Juni 2008 melalui proses tender dan menunjuk konsorsium Mitsui-Hyundai sebagai kontraktor EPC yang bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan engineering, pengadaan barang, dan konstruksi penambahan combined cycle setelah keluarnya surat noticed to proceed pada Mei 2008.

Proyek ini sendiri menelan investasi sebesar US$54,6 juta di mana sebagian besar dibiayai melalui project financing. Proyek CCPP ini dapat diselesaikan dua bulan lebih awal dari yang dijadwalkan.

Sementara itu Zainuddin, Dirut PT PLN Batam, mengatakan pengoperasian pembangkit gas uap dengan kapasitas 20,6 MW ini akan memberikan tambahan daya bagi perusahaan itu.

“Penambahan ini bertepatan dengan membaiknya konsumsi energi di sektor industri manufaktur pada 2010 ini, sehingga kami optimis bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan besar,” tuturnya.

Selain itu, pengoperasian CCPP dalam sistem transmisi Batam semakin mengurangi ketergantungan PLN Batam pada pembangkit berbahan bakar minyak sehingga produksi energi menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Comments

2 Responses to “PT Dalle Energy Batam rampungkan PLTGU Batam”
  1. William Tjiwantara says:

    Dear Sir,

    Saya William dari PT Energi BIma Sakti yang bergerak dibidang Electrical Contraactor/Engineering/Supplier-Trading dengan ini mohon informasi untuk dapatnya kami mengirimkan Company Profile, Brochure dan Scope of work PT Energi Bima Sakti.

    Adapaun saat ini kami telah melakukan pengujian instrumen listrik di beberapa PLTU di pulau Jawa seperti : PLTU Indramayu, PLTU Rembang, PL:TU Jepara, PLTU Lontar.

    Instrument listrik tersebut, antara lain :
    1. Oil Transformer (Main/Backfeeding, Purify, Dissolve gasses Analysis,
    Ratio, Excitation, Winding, Insulation Resistance, Tangen
    Delta, Vector
    Group Check)

  2. William Tjiwantara says:

    Dear Sir,

    Saya William dari PT Energi BIma Sakti yang bergerak dibidang Electrical Contractor/Engineering/Supplier-Trading, dengan ini mohon informasinya aga kami dapat mengirimkan Company Profile,Brochure and Scope of Work PT ENergi Bima Sakti.

    Adapaun saat ini kami telah melakukan pengujian instrumen listrik di beberapa PLTU di pulau Jawa seperti : PLTU Indramayu, PLTU Rembang, PL:TU Jepara, PLTU Lontar.

    Instrument listrik tersebut, antara lain :
    1. Oil Transformer (Main/Backfeeding, Purify, Dissolve gasses Analysis,
    Ratio, Excitation, Winding, Insulation Resistance, Tangen
    Delta, Vector Group Check, Leakage Current)
    2. Dry Transformer (Ratio, Excitation, Winding, Insulation Resistance, Vector
    Group Check, Leakage Current).
    3. CT/VT/PT (Ratio, Excitation, Winding, Insulation Resistance, Vector
    Group Check, Leakage Current).
    4. dll.

    Kami siap membantu PT Dalle Energy dalam melakukan pengujian instrument-instrument listrik khususnya PLTU-PLTU khususnya yang berada di pulau Jawa.

    Atas perhatian dan response yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

    Thanks & Regards,
    William

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.