Friday, January 20, 2017

PLN Tambah Pasokan Listrik Di Kawasan Indonesia Timur & Barat

March 17, 2010 by  
Filed under Featured

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) akan menambah pasokan listrik sebesar 562 MegaWatt (MW) dari genset untuk kawasan Indonesia bagian timur dan barat.

Sekretaris Kementerian BUMN M. Said didu mengungkapkan langkah itu ditempuh untuk menutup defisit pasokan listrik secara cepat di wilayah-wilayah yang terpencil.

“Apakah nantinya genset yang dipakai menggunakan MFO [marine fuel oil] maupun HSD [high speed diesel], yang jelas langkah ini penting untuk segera ditempuh,” ujarnya Senin sore.

Menurut Said, realisasi penambahan pasokan listrik itu dilakukan pada tahun ini, dengan mempertimbangkan defisit listrik yang juga sebesar itu.

Dia tidak merinci mengenai mekanisme pengadaan genset tersebut, apakah melalui penunjukan langsung ataukah lewat tender.

Terkait dengan kinerja selama 2009, Said menuturkan BUMN kelistrikan ini meraup laba bersih sebesar Rp6 triliun. Dari jumlah itu, pemerintah menjajaki untuk mengambil dividen sebesar 50%.

Kebijakan untuk mengambil dividen dari PLN sangat mungkin, meskipun perusahaan kelistrikan itu masih mencatat akumulasi rugi dari kinerja tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Said, penjajakan mengambil dividen dari PLN tidak terkait langsung dengan naiknya target setoran dividen dari BUMN dari sebelumnya Rp24 triliun menjadi Rp28 triliun.

Kementerian BUMN akan mematok dividen sebesar 50% dari laba bersih 2009  untuk perusahaan pemerintah yang tidak akan melakukan ekspansi tahun ini.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengungkapkan perusahaan pemerintah yang tidak ekspansi akan mengalami kelebihan dana, sehingga dimungkinkan untuk bisa menyetor dividen lebih banyak

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.