Thursday, March 30, 2017

PLN siap beli listrik tenaga sampah Bantar Gebang

March 16, 2010 by  
Filed under Alternatif

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) siap membeli listrik yang diproduksi dari pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa), Bandar Gebang, Bekasi guna mendukung program pengurangan gas buang yang membahayakan lingkungan.

Menurut Direktur Utama PLN Dahlan Iskan, proyek pembangunan PLTSa tersebut merupakan pembangkit pertama di Indonesia yang memanfaatkan sampah untuk membangkitkan listrik.

“Pembelian listrik dari PLTSa tersebut mungkin tidak akan menguntungkan bagi PLN. Apalagi untuk tahap pertama ini baru memproduksi listrik 2 MW. Pasti PLN rugi membeli listriknya, tetapi harus dihitung juga keuntungan lainnya, terutama untuk lingkungan hidup. Jadi kami siap membeli listrik dari pembangkit itu,” ujarnya, hari ini.

Lebih lanjut, dia menjelaskan proyek PLTSa yang dibangun di tempat pembuangan sampah terbesar di Indonesia itu dikerjakan oleh perusahaan lokal, PT Navigat Organic Energy Indonesia (PT Noei) dengan memanfaatkan teknologi dari General Electric (GE).

Dahlan menegaskan seharusnya pihak investor segera melakukan transaksi jual-beli listrik dengan BUMN listrik tersebut sesuai dengan prosedur bisnis yang tepat.

Menurut dia, hingga kini belum ada pembicaraan berapa besar kapasitas listrik yang dihasilkan dari pembangkit tersebut yang akan dijual kepada PLN. Bahkan, untuk harga jual listriknya juga belum diajukan.

“Cara seperti ini sebenarnya kurang tepat karena pihak investor belum mengetahui besaran harga jual listriknya, padahal pembangunannya sudah hampir rampung. PLN juga punya standar harga sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kalau standar harga itu tidak cocok dengan perhitungan pengembalian modal, kan kasihan juga. Seharusnya investor sudah menandatangani perjanjian mengenai harga jualnya, baru berinvestasi,” tutur Dahlan.

Dia memperkirakan harga jual listrik dari PLTSa tersebut bisa saja lebih mahal dibandingkan dengan pembangkit lainnya karena nilai investasi yang cukup besar.

Hanya saja, tegasnya, demi mendukung terlaksananya program pengurangan pemanasan global, perseroan bersedia melakukan kajian bersama soal harga jual listrik PLTSa.

“Ini [PLTSa] akan menjadi proyek kebanggaan karena investor bisa membuktikan bahwa sampah benar-benar bisa dimanfaatkan menjadi tenaga listrik. Kami siap mengakomodasinya,” tutur Dahlan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.