Friday, January 20, 2017

PLN siap bangun pembangkit tenaga nuklir

August 2, 2010 by  
Filed under Featured, Nuclear Power

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) siap membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dengan syarat adanya dukungan pemerintah, baik jaminan kepastian hukum, pendanaan, keamanan teknologi, maupun penerimaan masyarakat.

Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin mengungkapkan rencana pemerintah dalam Perpres No. 5/2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) memang menargetkan penggunaan energi baru terbarukan, termasuk nuklir menjadi lebih 5% dari bauran energi yang ada.

Pertimbangan Perpres itu, katanya, untuk menjamin keamanan pasokan energi dalam negeri dan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

“Tetapi sampai 2019, memang belum ada nuklir digariskan oleh pemerintah. Secara policy itu [PLTN] memang belum ada. Kalau ada jaminan kepastian hukum, pendanaan, keamanan teknologi, dan masyarakat juga menerima, PLN siap saja membangun PLTN,” katanya, hari ini.

Dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2010-2019 dan RUKN 2008-2027, katanya, tidak terdapat rencana pembangunan PLTN dan energi mix perusahaan listrik pelat merah itu akan didominasi oleh batu bara.

Menurut dia, risiko pengembangan PLTN cukup banyak, yakni mulai tahap perencanaan hingga operasi, bahkan pascaoperasi (dekomisioning) harus dialokasikan kepada pihak-pihak yang terlibat pengembangan proyek.

Namun demikian, kata dia, bila ada pengembang listrik swasta yang memanfaatkan nuklir untuk menghasilkan listrik, PLN siap menjadi pembeli atas dukungan pemerintah.

“Pokoknya kalau harganya cocok dan policy-nya jelas, ya kita ambil. Tapi kan dua-duanya belum ada tanda-tandanya. Policynya belum terlihat, investor yang datang juga belum ada. PLN sebagai operator lebih bersifat wait and see, bagaimana kebijakan pemerintah, penerimaan masyarakat, dan melihat dunia usaha,” tutur Murtaqi.(

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.