Friday, March 24, 2017

PLN sesumbar layani listrik seluruh negeri

June 30, 2010 by  
Filed under BBM

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berkomitmen meningkatkan pelayanan listrik di seluruh Indonesia, terutama di Pulau Jawa sejalan teratasinya kondisi pemadaman bergilirmulai 1 Juli 2010.

Hal itu menjadi desain besar kedua Direktur Utama PLN Dahlan Iskan untuk perbaikan kelistrikan nasional dalam waktu enam bulan kedua masa kepemimpinannya.

Dahlan  mengungkapkan penuntasan kondisi pemadaman bergilir di seluruh Indonesia menjadi grand design utama perseroan hingga akhir Juni tahun ini.

“Enam bulan pertama ini, mengatasi pemadaman bergilir di seluruh Indonesia, sampai ke kota kecil. Dalam 6 bulan ini [hingga akhir Juni] harus sudah selesai. Saya kira, ini menjadi pekerjaan terberat PLN. Kalau ini bisa selesai dan teratasi, yang lain tidak akan ada yang berat lagi. Kami sudah jungkir balik untuk itu,” kata dia, hari ini.

Penuntasan pemadaman bergilir itu, dia menambahkan, dilakukan secara menyeluruh, termasuk kota-kota kecil di Indonesia, seperti Kota Mana di Bengkulu dan Tobelo yang selama ini selalu mengalami defisit listrik.

“Jadi mulai awal Juli sudah tidak ada pemadaman bergilir yang terjadi karena listriknya yang tidak cukup. Itu sudah tidak boleh lagi.”

Selain itu, kata Dahlan, PLN mulai memprioritaskan peningkatan pelayanan listrik, terutama di Pulau Jawa per 1 Juli 2010. Dia mengatakan BUMN listrik itu akan melakukan berbagai upaya untuk bisa meningkatkan pelayanan listrik kepada masyarakat.

Menurut dia, mulai Oktober 2010 akan ada tambahan daya paling sedikit 3.600 megawatt (MW) dengan masukknya PLTU Labuan 600 MW, Rembang 600 MW, Indramayu 600 MW, Suralaya 600 MW, Lontar 300 MW, Paiton 600 MW, dan Pacitan 300 MW.

Selain itu, dia menambahkan, perseroan juga akan menambah enam unit trafo IBT dan 5.000 unit trafo distribusi yang seluruhnya diharapkan terkoneksi dengan sistem listrik Jawa mulai Oktober 2010.

“Padahal, total kebutuhan untuk memenuhi daftar tunggu pelanggan baru hanya sekitar 1.500 MW sehingga listriknya berlebih. Kami sudah tender enam trafo IBT dan membeli 5.000 trafo distribusi. Semuanya harus sudah terpasang Oktober sehingga saya harapkan November nanti listrik di Jawa secara teoritis istimewa. Itu yang kita kejar.”

Menurut dia, dengan masuknya tambahan daya di Pulau Jawa-Bali maka kapasitas terpasang menjadi 22.000 MW dengan beban puncak 17.896 MW.

Terkait kenaikan tarif dasar listrik (TDL) rerata 10% mulai Juli 2010, Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin mengungkapkan perseroan itu tetap berkeinginan menerapkan tarif business to business (b to b) bagi pelanggan yang memerlukannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.