Thursday, July 27, 2017

PLN minta solusi soal gas PLTGU Muara Tawar

March 24, 2010 by  
Filed under BBG

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengharapkan pemerintah segera memberikan jalan keluar untuk mengatasi kekurangan pasokan gas pembangkit terutama PLTGU Muara Tawar, Bekasi yang memicu adanya biaya tambahan sekitar Rp2,4 triliun sepanjang 2010.

Pasalnya, dari kesepakatan kontrak pasokan gas untuk PLTGU Muara Tawar dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang mencapai 300 BBTUD, saat ini hanya mampu dipasok sebesar 100 BBTUD.

Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji mengungkapkan pada dasarnya kontrak pasokan gas untuk PLTGU Muara Tawar itu, terdiri atas kontrak tetap sebanyak 200 BBTUD dan kontrak sebesar 100 BBTUD yang sewaktu-waktu dapat dihentikan pasokannya dan akan dikirimkan bila PGN memiliki kelebihan gas.

“Sejak 1 Maret 2010, PLN terpaksa membakar BBM yang biayanya empat kali lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan gas karena pasokan dari PGN hanya 100 BBTUD dan hanya mampu mengoperasikan satu dari empat blok yang ada. Bila ini diteruskan, sampai akhir tahun PLN harus menggunakan BBM sekitar 618.000 kiloliter yang membutuhkan biaya tambahan sebesar Rp2,4 triliun,” ujarnya hari ini.

Pasalnya, kata dia, penggunaan BBM itu berdampak terhadap pembengkakan biaya pokok produksi PLN. Bila dibandingkan dengan rerata biaya bahan bakar gas pada 2009 sebesar Rp318/kWh, penggunaan BBM menelan biaya yang jauh lebih besar yakni Rp1.383/ kWh. “Kami berharap ada solusi dari BP Migas [Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi ] untuk mengatasi penurunan pasokan gas ini sehingga biaya produksi tidak terlalu besar,” tutur Nur.

Kepala Divisi Perencanaan Keuangan PLN Yusuf Hamdani mengungkapkan bertambahnya biaya operasional perseroan tentunya berdampak terhadap peningkatan realisasi subsidi listrik 2010. “Kalau berbicara soal APBN, tentunya ada asumsi-asumsi yang sudah ditetapkan, tetapi klaim subsidi dibayarkan berdasarkan realisasinya. Kalau tambahan biaya Rp2,4 triliun itu tidak masuk dalam budget anggaran, tentunya akan dibayarkan tahun berikutnya,” tutur Yusuf.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.