Monday, May 22, 2017

PLN klaim jadi korban Gunung Merapi

November 10, 2010 by  
Filed under BBM

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengklaim pihaknya juga menjadi korban akibat aktivitas vulkanik Gunung Merapi di Yogyakarta dalam 2 pekan terakhir.

Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengungkapkan awan dan debu yang dimuntahkan Merapi selama 2 pekan terakhir membuat peralatan PLN yang berada di sekitar daerah tersebut tidak berfungsi.

“Ada sekitar 130 trafo yang rusak selama letusan Merapi. Selain itu, ada tujuh genset untuk pengungsi yang sudah tidak bisa berfungsi kembali. Dalam hal ini PLN juga menjadi korban Merapi,” ujar Dahlan kepada Bisnis, tadi pagi.

Kendati demikian, Dahlan enggan menyebutkan jumlah kerugian material yang diderita PLN akibat banyaknya perangkat yang rusak serta kerugian akibat pemadaman listrik di sekitar lereng Merapi.

Yang terpenting, lanjutnya, saat ini pihaknya akan terus berupaya memberi pelayanan semaksimal mungkin untuk membantu kebutuhan penyediaan listrik ditempat yang membutuhkan.

Dahlan mengatakan pihaknya sudah menurunkan 40 genset untuk membantu para pengungsi. Jumlah tersebut siap ditambah jika permintaan meningkat.

“Saat ini lokasi pengungsian ada di kota, dan kebutuhan listrik sudah terpenuhi dari jaringan yang ada di tempat itu. Jadi tambahan genset sepertinya sudah tidak diperlukan.”

Dia berharap masyarakat di kawasan sekitar Gunung Merapi yang mengalami pemadaman listrik maklum, karena itu dilakukan guna mencegah terjadinya korsleting listrik.

“Alat listrik amat peka terhadap debu. Debu basah adalah pengantar arus listrik sehingga bisa menjadi pemicu korslet. Semua peralatan serta jaringan yang berdebu itu harus  dibersihkan dulu sebelum dialiri listrik lagi. Hal ini membutuhkan waktu. Akibatnya, kami terpaksa melakukan pemadaman,” jelas Dahlan.

Terkait dengan penanganan listrik pascabencana Tsunami di Mentawai, Dahlan mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan untuk pemulihan daerah tersebut, apakah masyarakatnya akan direlokasi atau tidak.

“Untuk listrik di pulau utamanya sudah tidak ada masalah. Pasokan listrik untuk tiga pulau di Mentawai sudah kami penuhi dari tiga genset. Total kebutuhan listrik di tiga pulau tersebut hanya 700 kilovolt. Itu sudah dipenuhi dari tiga genset,” ujar Dahlan.

Sumber : Bisnis.Com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.