Friday, July 28, 2017

PLN kaji hasil audit BPK soal pemborosan PT.Indonesia Power

April 15, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan mengkaji kembali hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) yang melaporkan adanya pemborosan sebesar Rp27,94 triliun pada anak perusahaan, PT Indonesia Power (IP) akibat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) pada pembangkit tenaga listrik.

Menurut Direktur Utama PLN Dahlan Iskan, pemborosan IP yang dilaporkan sebesar Rp27,94 triliun tersebut tidak sesuai dengan penggunaan bahan bakar minyak pada enam pembangkit yang telah diaudit BPK.

“Saya setuju dengan penilain BPK itu, tetapi masa borosnya segitu? Saya tidak  mengerti, terutama angka-angkanya tidak sesuai. BPK klarifikasi mungkin maksudnya dari belanjanya IP yang mencapai Rp27,94 triliun itu masih dianggap agak boros. Cuma, angkanya borosnya berapa, kan tidak ada,” katanya.

Pemborosan paling utama di IP, lanjut dia, terutama dalam pengadaan batu bara pembangkit, baik proses tender, pembelian, maupun kontrol kualitasnya.

“Ada isu soal pembeliannya dan kualitas kontrol yang kurang efisien. Itu nanti akan kita lihat lagi.  Selama ini saya instruksikan bagaimana caranya untuk lebih efisien. Itu juga telah dilakukan sejak bulan Januari ini,” tutur Dahlan.

Sementara  itu, Direktur Keuangan PLN Setio Anggoro Dewo mengatakan perseroan akan mengkaji kembali hasil pemeriksaan  BPK menyangkut kinerja keuangan IP.

“Untuk angka Rp27,94 triliun itu akan kami cek lagi kebenarannya. Besok akan ada pertemuan PLN dengan BPK. Menurut saya, angka  sebesar itu mungkin kombinasi belanja antara gas dan batu bara,” tutur Dewo.

Seperti diketahui, dari hasil audit BPK terungkap, IP kehilangan kesempatan menghemat biaya bahan bakar minyak senilai Rp 27,94 triliun karena seharusnya bisa menggunakan gas ketimbang bahan bakar minyak yang lebih boros pada enam pembangkitnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.