Tuesday, May 30, 2017

PLN janjikan krisis listrik tratasi setelah 30 Juni 2010

April 9, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjamin kondisi krisis listrik di Tanah Air sudah teratasi setelah 30 Juni 2010, seiring dengan upaya perseroan meningkatkan kehandalan pasokan di berbagai lokasi yang masih defisit.

Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengungkapkan kondisi kelistrikan di beberapa wilayah di Indonesia saat ini sudah tidak lagi mengalami defisit seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Seluruh Sumatra itu tidak byar pet lagi mulai Mei. Kalau Indonesia bagian Timur memang cukup sulit dan baru selesai pada 30 Juni. Jadi mulai akhir Juni itu sudah tidak ada lagi byar pet,” katanya hari ini.

Bahkan, dia menambahkan wilayah Sulawesi selatan sudah tidak ada pemadaman listrik sejak tiga pekan lalu. Begitu juga kondisi listrik di Sulawesi Barat dan Tenggara yang sudah mulai normal.

Menurut Dahlan, sejumlah wilayah yang masih terjadi pemadaman listrik di antaranya Mentawai, Palu, Toli-toli, Luwu, Poso, Sungai Penuh, dan beberapa daerah di Sumatra Barat.

Dia mengatakan PLN menargetkan masalah pemadaman listrik tersebut bisa diatasi dengan penambahan daya melalui perbaikan sejumlah pembangkit dan trafo yang rusak.

“Bukan berarti pula tidak ada lagi listrik mati. Jadi kalau listrik di rumah anda mati, itu kan bukan berarti byar pet, tetapi mungkin pas ada pohon tumbang atau penyebab lainnya. Hampir 50% penyebab utama matinya listrik di Jawa karena pohon tumbang. Saya siap memmpertaruhkan jabatan dan mundur jika masih terjadi pemadaman listrik setelah 30 Juni.”

Dahlan memaparkan BUMN listrik tersebut telah melakukan berbagai upaya pemulihan listrik di sejumlah wilayah, misalnya, memperbaiki power plant yang rusak di Medan.

“Kebetulan ada beberapa pembangkit listrik yang mati, tetapi bisa dihidupkan. Jadi di Medan itu kita punya mayat hidup.”

Selain itu, katanya, perseroan juga telah mengganti kualifikasi batu bata yang menjadi bahan bakar PLTU Labuan Angin, Sibolga. Begitu juga dengan penyelesaian perbaikan PLTP Sengkang, Sulawesi Selatan berhasil menambah kapasitas sebesar 60 MW.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.