Wednesday, May 24, 2017

PLN gandeng Swasta Bangun 11 Proyek PLTMH NTB

July 7, 2010 by  
Filed under Alternatif

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana menggandeng perusahaan swasta untuk membangun 11 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Dirut PLN Dahlan Iskan mengungkapkan perusahaan listrik pelat merah itu menargetkan pasokan listrik di Pulau Sumbawa didominasi oleh energi terbarukan dan air, mengingat potensi energi hidro yang mencapai 67,5 MW di pulau tersebut.

“Besarnya potensi ini [hidro] akan dikembangkan oleh PLN maupun swasta untuk menghasilkan listrik. Saat ini sudah ada 11 proyek pembangkit bertenaga air yang siap dibangun,” katanya melalui siaran pers, hari ini.

Ke sebelas pembangkit tersebut, terdiri dari PLTMH Banggo, PLTMH Sumpee, PLTA Beh I, PLTMH Beh II, PLTA Beh III, PLTMH Rea I, PLTM Rea II, PLTMH Bintang Bano, PLTMH Rhee I, PLTMH Rhee II, dan PLTMH Belo.

Menurut dia, secara bertahap pembangkit listrik hidro dan energi terbarukan tersebut akan menggantikan PLTD yang masih mendominanasi di Sumbawa yang memiliki beban puncak mencapai 22,5 MW.

Komposisi pembangkit di Sumbawa pada 2014, lanjut Dahlan, direncanakan terdiri dari PLTU 40%, PLTA & PLTMH 50%, dan PLTP 10%.

Sementara itu, dia menambahkan, PLN juga akan mengembangkan potensi panas bumi Sumbawa, yakni PLTP Hu’u berkapasitas 20 MW dan PLTP Marongeh berkapasitas 5 MW.

“Sumbawa itu banyak potensi airnya yang bisa dijadikan listrik. Begitu juga dengan panas bumi. Kita akan manfaatkan itu menjadi listrik sehingga di masa depan Sumbawa akan menjadi satu satunya pulau dengan pengunaan energi hidro dan terbarukan yang mendominasi untuk pebangkit listrik,” tutur Dahlan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.