Monday, October 23, 2017

PLN dapat tambahan trafo IBT

November 9, 2010 by  
Filed under BBM

JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akhirnya mendapatkan tambahan satu unit trafo interbus transformer (IBT) berkapasitas 500 KV yang akan memperkuat kehandalan listrik di wilayah Cakung, Bekasi.

Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengemukakan satu unit IBT tersebut sedang dalam proses pemasangan dan ditargetkan bisa berfungsi mulai 13 November 2010.

“Satu unit trafo IBT sudah datang dan sekarang dipasang di Bekasi. Ada tiga bank dengan total kapasitas 500 kV dan 13 November nanti sudah bisa berfungsi. Saya sedikit lega,” ujar dia, hari ini.

Dengan beroperasinya trafo IBT tersebut, sebagian beban listrik di wilayah Bekasi yang selama ini secara keseluruhan hanya bergantung kepada pasok GITET Bekasi, bisa dialihkan jaringan 500 KV.

“Jakarta itu kan tidak punya cadangan trafo dan kalau terjadi sesuatu yang menghambat supplai listrik dari GITET, akan berakibat padam. Tapi kalau sudah ada trafo IBT ini, sebagian bebannya bisa dialihkan untuk cadangan.”

Seperti diketahui, perusahaan listrik pelat merah itu menargetkan penambahan enam unit trafo IBT untuk memperkuat sistem transmisi listrik di Jawa-Bali. Selain itu, dari sisi distribusi, PLN juga menambah 5.000 trafo tiang pada tahun ini.

Trafo IBT tersebut nantinya dipasang berdampingan untuk cadangan di GITET di wilayah Jakarta, yakni Gandul, Bekasi, Kembangan, dan Cibatu, serta satu unit di Krian, Jawa Timur dan Ungaran, Jawa Tengah.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.