Monday, January 23, 2017

PLN Batam belum kaji kenaikan harga gas

April 3, 2010 by  
Filed under BBG

PT PLN Batam belum mengkaji dampak kenaikan harga gas industri terhadap skema tarif listrik di kota itu meskipun 80% mesin pembangkitnya menggunakan gas.

Lutfi Nazi, Sekretaris PT PLN Batam, mengatakan pihaknya belum menerima surat pemberitahuan resmi kenaikan harga gas sebesar 15% dari PGN. “Karena itu kami belum mengkajinya secara internal apakah kenaikan itu akan mempengaruhi beban operasional atau tidak,” ujarnya, tadi sore.

Meskipun 80% mesin pembangkit listriknya menggunakan bahan bakar gas, namun pihaknya, kata dia, tidak ingin berandai-andai kenaikan harga gas itu akan ikut menaikkan tarif listrik di Batam. Kendati demikian dia mengatakan bahwa harga gas merupakan salah satu indikator yang paling menentukan hitungan beban operasional guna penentuan besaran tarif, dimana keempat komponen itu a.l. tingkat inflasi, harga BBM, harga gas dan nilai kurs. Sehingga sejauh ini kenaikan harga gas menurutnya memang selalu mempengaruhi besaran tarif listrik, bukan oleh PLN Batam namun secara nasional.

Pada 30 Maret 2010, PGN menyepakati kenaikan harga gas sebesar 15% bagi pelanggan gas industri di wilayah Jawa Barat. Namun, dia memastikan hingga kini PLN Batam belum berpikir untuk merevisi tarif listrik di kota itu karena masih menggunakan penghitungan dari keempat indikator itu sepanjang tiga bulan terakhir, terlebih kenaikan gas masih berlaku di Jawa Barat.

“Setiap tiga bulan sekali kami mengirimkan laporan keempat indikator itu kepada pemerintah pusat dan daerah dan laporan terakhir yang kami sampaikan pada awal Maret 2010,” jelasnya.

Kalaupun PLN Batam terpaksa melakukan penyesuaian tarif akibat kenaikan harga gas tersebut, maka hal itu menurutnya akan dilakukan melalui kajian yang komprehensif dan akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke pemerintah pusat dan daerah.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.