Friday, January 20, 2017

PGN Tagih Kekurangan Pasokan Gas Ke ConocoPhilips

March 19, 2010 by  
Filed under BBG

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan menagih hak atas kekurangan pasokan gas dari Blok Corridor milik ConocoPhilips yang sejak Februari lalu alirannya terus berfluktuasi di bawah level yang disepakati kontrak sebesar 396—412 mmscfd.

Dirut PGN Hendi P. Santoso mengatakan sejak Februari lalu pasokan gas dari ConocoPhilips terus berfluktuasi. Menurut dia, rata-rata pasokan saat ini adalah sebesar 250—260 mmscfd.

“Sempat drop terendahnya sampai di level hanya 150 mmscfd pada jam-jam tertentu. Status terakhir rata-rata pasokan gasnya sekitar 250—260 mmscfd dari kontrak yang kami miliki sebesar 396 mmscfd—412 mmscfd,” jelasnya hari ini.

Ketidakstabilan pasokan itu, menurut dia, selain mengganggu pendistribusian gas bagi konsumen juga bisa menimbulkan kerusakan pada alat milik PGN. “Kalau naik-turun terus terjadi seperti saat ini, lama-lama kompresor kami rusak.”

PGN, katanya, akan menagih ConocoPhilips atas kekurangan pasokan yang terjadi. “Kami akan tagih hak kami atas gas yang sudah dibayar oleh perusahaan,” tuturnya dengan mimik serius.

Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengatakan pemerintah telah menyiapkan beberapa sumber pasokan baru bagi PGN untuk mengatasi krisis gas bagi BUMN distributor gas tersebut. Hanya saja, dia mengakui gas dari sumber baru tersebut tetap tidak akan bisa sepenuhnya menutupi kekurangan yang ada.

“Kami akan usahakan ada pasokan baru dari Sumatra. Gas yang tadinya untuk wilayah itu akan kami tarik ke Jawa. Jadi akan kami upayakan terus untuk mengatasi hal ini walaupun memang tidak full. Akan tetapi ini juga belum final dan baru diputuskan nanti karena ada plus minusnya,” katanya tanpa memberikan detil informasi.

Pemerintah dijadwalkan akan memutuskan mengenai upaya penanganan krisis gas PGN ini pada sore nanti. Rapat yang diagendakan setelah Sidang Kabinet itu bertempat di Kantor Menko Perekonomian.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.