Tuesday, March 28, 2017

PGN siap pasok bahan bakar gas ke SPBU Jakarta

April 22, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) siap mendukung pengelola stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta yang akan menjual bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan bermotor.

Kepala Strategic Business Unit PGN Jobi Triananda mengatakan jaringan perpipaan gas sudah dibangun di sebagian besar wilayah Ibukota, sehingga memudahkan penyambunganya ke hampir semua lokasi SPBU.

“Jika ada pengelola SPBU meminta sambungan maka kami sudah siap, sehingga yang disediakan bukan hanya premium dan jenis bahan bakar minyak yang lain tetapi juga tersedia BBG,” katanya di Jakarta hari ini.

Idealnya, kata dia, seluruh SPBU di Jakartra menyediakan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) untuk memberikan alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan bagi kendaraan bermotor di Ibukota yang jumlahnya mencapai jutaan unit.

Jobi mengatakan PGN sangat mendukung program langit biru yang dilaksanakan Pemprov DKI, untuk menekan polusi udara dari gas buang knalpot kendaraan bermotor.

Apalagi, lanjutnya, PGN sudah siap mengalirkan gas ke SPBU, yang sebagian besar lokasinya relatif dekat dengan jaringan perpipaan gas, untuk melayani pelanggan BUMN itu.

Menurut dia, harga gas untuk SPBU yang menyediakan BBG maupun khusus SPBG tidak berbeda dengan harga bagi pelanggan PGN lainya, yaitu US$4,3 per juta British Thermal Unit ditambah toll fee Rp750 per meter kubik.

“Kami siap memasok berapa pun kebutuhannya, tetapi tidak mungkin membedakan harganya dengan harga yang telah kami berlakukan untuk industri dan pelanggan komersial lain,” ujarnya.

Jobi mengatakan PGN sudah terikat perjanjian pembelian dengan kurs dolar AS ke pemasok gas yang berasal dari Sumatra, sehingga penjualan kepada industri dan pelanggan komersial lain, termasuk armada angkutan umum, tetap menggunakan patokan kurs yang sama.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.