Saturday, March 25, 2017

PGN harap pasokan gas dari Grissik normal lagi

March 11, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk mengharapkan pasokan gas dari Lapangan Grissik milik ConocoPhilips kembali normal menjadi sekitar 400 mmscfd untuk membantu perusahaan mengurangi kemungkinan krisis pasokan gas ke pelanggan industri di Jawa bagian Barat.

Sekretaris Perusahaan PGN Wachid Sutopo mengatakan pasokan gas dari ConocoPhilips yang berfluktuatif membuat perusahaan khawatir akan memperburuk kondisi pasokan gas ke PGN yang 98,55%-nya diserap oleh kalangan industri dan komersial. Pada Januari lalu, tuturnya, pasokan gas dari Grissik cukup stabil di level 400 mmscfd.

“Namun memasuki Februari pasokan bergerak fluktuatif antara 300 mmscfd dan 400 mmscfd. Kalau terlalu sering jatuh ke 300 mmscfd sangat mengkhawatirkan,” katanya hari ini kepada Bisnis.com.

Seperti diketahui, PGN memiliki kontrak pembelian gas dengan ConocoPhilips sebesar 412 mmscfd. Gas sebanyak itu disalurkan PGN melalui South Sumatera West Java II untuk dialirkan ke industri yang tersebar di Jawa bagian Barat.

Wachid mengatakan perusahaan juga berharap gas dari Lapangan Ketapang, Petronas Carigali, tetap disalurkan ke PGN kendati pemerintah dan BP Migas sempat merencanakan untuk mengalihkannya untuk PLN. “Setidaknya kami memiliki HoA-nya. Sekarang masih dibahas, tetapi kami harapkan gas sebanyak 50 mmscfd itu tetap disalurkan ke PGN.”

Sebelumnya, Dirut PGN Hendi P. Santoso mengatakan perusahaan kekurangan pasokan gas sebanyak 297 mmscfd yang tersebar di tiga strategic business unit (SBU) yang dimilikinya. Dengan total kekurangan itu, sekitar 342 industri akan terdampak sehingga perusahaan berencana menerapkan kebijakan pemangkasan pasokan untuk industri sebanyak 20%

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.