Saturday, July 22, 2017

Petronas Malaysia

December 24, 2009 by  
Filed under BBM

Perusahaan Minyak Malaysia yang dulu pernah berguru dengan Pertamina pada tahun 1970-an ini telah menjadi perusahaan minyak dunia yang disegani, dimana kini mereka memiliki asset jauh diatas aset yang dimiliki Pertamina. Petroliam Nasional Berhad atau yang kita kenal dengan sebutan PETRONAS adalah sebuah perusahaan raksasa yang patut diperhitungkan. Didirikan pada tanggal 14 Agustus 1974, Petronas kini memiliki 103 anak perusahaan, sebagian saham saham dari 19 perusaaan besar dan bekerjasama dengan lebih dari 55 perusahaan internasional.

Pada tahun 1998, perusahaan yang masuk dalam 500 perusahaan besar dunia fersi Forbes ini, menempati gedung menara kembar “Petronas” yang baru selesai dibangun saat itu. Gedung tersebut sempat menjadi gedung tertinggi di dunia selama 6 tahun sampai ahun 2004, sebelum di kalahkan  “Taipei 101 Building” yang lebih tinggi 188 kaki atau 61 meter lebih tinggi dari Menara Petronas. Pastinya Gedung Menara Kembar Petronas  kini telah menjadi landmark sekaligus simbol kekuatan ekonomi kesultanan Malaysia.

Tidak ketinggalan dalam dunia balap, Petronas yang memiliki 40% Sauber Petronas Engineering menjadi sponsor utama dari Grand Prix Formula-1 Malaysia.
Bisa dibayangkan berapa besar Petronas mampu memberikan pemasukan bagi kemajuan ekonomi malaysia. Pada tahun 2004 diberitakan kalau Petronas menumbangkan sebesar RM 25 milyar kepada negara untuk pemasukan 25% yang didapat dari “dividend” dan pemasukan-pemasukan lainnya. Petronas memiliki aset jauh diatas Perusahaan Minyak  Nasional kita yang hanya Rp 140 triliun. Kini Petronas nilai investasinya setiap tahun bisa mencapai US$ 5 miliar.

Tahun lalu (2008) Petronas berhasil meraup revenues sekitar 77 miliar dollar AS (Rp 770 triliun) dengan keuntungan sebesar 15,3 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 153 triliun).Keberhasilan perusahaan ini  menempatkan Petronas di-urutan ke-13 dari 40 perusahaan-perusahaan dunia yang menghasilkan profit terbesar.  Saat ini di pentas dunia usaha, Petronas berhasil menempatkan possisi dirutan  nomor 95 dari 500 company terbesar versi majalah Fortune (Fortune, 24 Agustus 2009).

Comments

6 Responses to “Petronas Malaysia”
  1. ina says:

    i need information about one of employee from petronas. He is new employee. Can i get information about him. He come uk. thank you very much

  2. admin says:

    Try to contact Petronas directly : http://www.petronas.com.my/

  3. rasya says:

    i need information about vacancy in petronas malaysia?tahnk You

  4. meiriska essa syawnia says:

    we from university islamic of RIAU wanna fieldtrip to Petronas
    How to prosed ?

  5. kalid nasrun says:

    Itu perlu di contoh bagi perusahaan minyak di indonesia. perusahaan minyak di luar berpendapat “karyawan nya adalah asset yg paling beharga” tp di negara kita apa yg terjadi? klu mau tau jawaban nya tanya aja langsung ke pekerja migas di lapangan khusus nya di Riau.

  6. zainal arifin says:

    Dear Sir;

    Nama saya Z. Arifin
    Kami adalah salah satu perusahaan bergerak di bidang
    Jual Beli Minyak Solar (HSD)

    Saya mohon bantuan Bapak, apakah persyaratan untuk
    menjadi rekanan usaha dengan Petronas.
    Terutama untuk menjalin mitra usaha Jual Beli Minyak Solar (HSD).
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Thanks N Rgds

    Arifin

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.