Saturday, October 21, 2017

Petronas berminat perbesar porsi di proyek Gladstone

May 21, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

BRISBANE (Bloomberg): Petroliam Nasional (Petronas) Bhd–perusahaan migas Malaysia– tertarik membeli lebih banyak saham pada proyek gas alam di Australia, selain Petronas juga berencana mendongkrak pembelian bahan bakar.

“Kami berada di sini untuk melakukan investasi tanpa batasan-batasan tertentu. Ide kami selama ini adalah untuk masuk ke dalam industri Australia dan mengembangkan kegiatan bisnis kami. Rencana investasi itu akan terus menjadi tujuan utama kami. Jadi kami mencari kesempatan untuk berekspansi,” ujar CEO Petronas untuk kawasan Australia Majid Khalil dalam sebuah wawancara di Brisbane hari ini.

Petronas, perusahaan berbasis Kuala Lumpur, memiliki 40% saham proyek Gladstone LNG Queensland dan 60% saham sisanya dimiliki oleh Santos Ltd.

CEO Santos David Knox menyatakan perusahaan migas ketiga terbesar di Australia itu dapat menjual lebih dari 9% sahamnya sebagai bagian dari kesepakatan mengenai pasokan bahan bakar.

Dalam sebuah konferensi pada Australian Petroleum Production and Exploration Association, Santos telah mengemukakan akan mengumumkan pemegang saham tambahan dalam proyek Gladstone tersebut.Santos yang berbasis Adelaide tahun lalu setuju menjual 2 juta ton bahan bakar pada Petronas.

Berkaitan dengan rencana investasi lebih lanjut, Khalil menolak menjelaskan lebih lanjut pada proyek apa Petronas akan melakukan investasi dan dari siapa mereka akan membeli bahan bakar. Malaysia adalah produsen gas alam kedua terbesar dunia setelah Qatar.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.