Saturday, October 21, 2017

‘Perusahaan Tambang Agar Tuntaskan IUP April’

March 18, 2010 by  
Filed under Coal

Perusahaan pemegang izin perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B), kuasa pertambangan (KP), dan kontrak karya (KK) diminta segera menyelesaikan proses peralihan ke izin usaha pertambangan (IUP) paling lambat hingga akhir April 2010.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral dan Batu bara Direktorat Mineral, Batu bara, dan Panas bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Aryono mengungkapkan tenggat waktu penyelesaian IUP tersebut ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 23 Tahun 2010 tentang Kegiatan Usaha Pertambangan.

“Paling lambat pada April ini semua aplikasi untuk perubahan ke IUP itu harus sudah selesai. Kalau mereka [pemegang KK, KP, PKP2B] tidak mengurusnya, tentunya akan berpengaruh kepada kegiatan penambangannya. Wilayahnya menjadi tidak aman,” tuturnya hari ini.

Bila perusahaan tambang tidak memiliki IUP, jelas Bambang, wilayah penambangannya tidak akan masuk dalam Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) yang akan diterbitkan oleh pemerintah dalam waktu dekat ini.

Konsekuensi tersebut, dia menambahkan berdampak kepada kegiatan pertambangan secara keseluruhan.

“Dia akan ketinggalan sehingga tidak masuk dalam WIUP. Pokoknya bisa menganggu karena wilayahnya menjadi tidak aman. Kalau sudah masuk WIUP kan sudah aman wilayahnya.”

Menurut dia, proses peralihan menjadi IUP tersebut tidak akan membutuhkan waktu lama bila setiap perusahaan melengkapi persyaratan aplikasinya, terutama menyangkut kejelasan peta wilayah beserta koordinat penambangannya.

Hanya saja, tegasnya, perusahaan yang masih terganjal persoalan tumpang tindih lahan, tentunya tidak bisa memperoleh IUPnya.

“Kalau memang bermasalah dengan tumpang tindih lahan, tolong diselesaikan dulu. Penyelesaian IUP itu kan terkait dengan penetapan WIUP yang akan dilelang setelah disetujui Menteri ESDM.”

Berdasarkan UU Minerba No. 4/2009, setiap usaha pertambangan diharuskan memiliki merubah perizinannya menjadi IUP. Selain itu, mekanisme perizinan yang semula berupa pencadangan wilayah untuk pertambangan mineral dan batu bara, berubah menjadi lelang.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.