Saturday, May 27, 2017

PGN pesimis proyek floating storage and regasification Teluk Jakarta tepat waktu

May 20, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk mengkhawatirkan proyek fasilitas floating storage and regasification terminal (FSRT) Teluk Jakarta akan meleset dari target semula pada akhir 2011.

Adanya kekhawatiran dari BUMN itu karena hingga kini belum ada kepastian pasokan gas dari produsen karena terkendala oleh harga.

Dirut PGN Hendi P. Santoso mengatakan dalam melaksanakan proyek itu terdapat tiga faktor penting yang harus diamankan, yaitu kepastian pasokan, kepastian pasar, dan kepastian pendanaan.

Saat ini, tuturnya, dari tiga faktor penting tersebut PGN baru menandatangani nota kesepahaman yang belum mengikat dengan produsen gas Mahakam Total E&P Indonesie-Inpex dan PT PLN (Persero) selaku pembeli.

Hanya saja, katanya, dari dua kesepakatan itu baru kepastian pembeli yang sudah diraih menyusul adanya keinginan kuat dari PLN untuk menjadi pembeli utama dari gas tersebut.

Adapun, katanya, untuk pasokan konsorsium PGN dan Pertamina selaku pelaksana proyek sejauh ini belum berhasil mendapatkan kepastian pasokan dari produsen.

“Untuk mendapatkan kepastian pasokan itu masih dalam proses. Adapun kepastian market, kami sudah sign dengan PLN selaku pembeli utama. Unfortunetly karena belum adanya kepastian pasokan gas itu kami belum bisa mengamankan pendanaan untuk proyek,” katanya hari ini.

Hendi mengatakan PGN dan Pertamina mengharapkan sudah ada konfirmasi mengenai harga dan volume gas dari produsen dalam dua hingga tiga bulan mendatang. Apabila dalam dua bulan tersebut kepastian pasokan tidak diperoleh, dia mengkhawatirkan jadwal proyek menjadi sulit dicapai.

“Kalau itu semua sudah mendapat kepastian saat ini, 200% kami yakin proyek itu bisa on schedule. Jika tidak, kami khawatir penyelesaian sulit tepat waktu,”ungkapnya

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.