Friday, January 20, 2017

Pertamina usul split minyak diubah

November 10, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina (Persero) meminta dana bagi hasil (split) produksi minyak dengan pola 40%:60% untuk bekas wilayah kerja atau yang dimiliki perseroan, maupun blok baru.

Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun menilai split produksi minyak dengan pola 40% untuk BUMN migas itu dan sisanya 60% bagi pemerintah, akan mendorong perkembangan Pertamina sebagai perusahaan nasional.

Split minyak untuk wilayah kerja baru itu masih 85%:15%, yakni pemerintah 85% dan Pertamina 15%. Karena itu, pertumbuhannya menjadi tidak optimal,” tutur dia, hari ini.

Menurut dia, perubahan split produksi minyak bagi perseroan itu bisa dimasukkan dalam revisi Undang-Undang No. 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Ini mengingat Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional memiliki potensi cukup besar untuk terus tumbuh dan berkembang.

Dia yakin dengan perubahan pola split produksi minyak Pertamina, risiko yang ditanggung pemerintah akan menjadi kecil dan dapat memberikan efek positif bagi perkembangan usaha di sektor hulu.

“Kalau splitnya itu 40%:60%, artinya resiko di Pertamina juga lebih besar dibandingkan dengan 85%:15%. Tentunya kita semakin tertantang.”

Terkait dengan revisi UU Migas, Harun menegaskan bahwa Pertamina sebagai BUMN migas menginginkan agar diberikan hak untuk mengambil wilayah kerja yang telah habis masa kontraknya dan wilayah kerja terbuka baru.

Pasalnya, kata dia, saat ini Pertamina hanya dapat mengusulkan untuk memperoleh wilayah kerja yang telah habis kontraknya dan wilayah kerja baru, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 35/2004.

“Prinsipnya pembentukan Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional itu juga memiliki hak atas penguasaan cadangan minyak dan gas.”

Selain itu, tambahnya, perusahaan minyak nasional itu dibentuk dengan prinsip memiliki hak ekonomi untuk mengatur, mengoperasikan, dan memproduksi, termasuk hak untuk mengalokasikan hasil produksi.

Bahkan, Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional juga dibentuk dengan prinsip memperoleh pendapatan yang besar dari kegiatan minyak dan gas bumi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.