Sunday, July 23, 2017

Pertamina terus genjot gerai Olimart

April 5, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina (Persero) hingga saat ini sudah memiliki 60 gerai Olimart yang menjual pelumas Pertamina. Dua berada di di Sydney, Australia, dan dua lagi di Makassar.

Rencananya Pertamina akan terus mengembangkan gerai Olimart di seluruh kota di Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, serta pertambahan jumlah kendaraan bermotor.

Vice President Pelumas Pertamina Hendrato Tri Yudiastono mengatakan hal itu pekan lalu, saat membuka gerai Olimart kedua di Makassar, yang terletak di SPBU Pengayoman.

Dia mengungkapkan dengan gerai Olimart yang dimiliki saat ini, Pertamina sudah menguasai 54% pangsa pasar pelumas di Indonesia. Bahkan kata dia pelumas Pertamina juga sudah masuk ke pasar dunia.

“Khusus pelumas, Pertamina sudah melakukan ekspor ke beberapa negara, seperti ke Australia, Myanmar, Jepang, Oman, Pakistan, Dubai, Taiwan, serta beberapa negara lainnya,” ujarnya.

Hal itu menurutnya, membuktikan kalau kualitas pelumas milik Pertamina tidak diragukan lagi. “Oli milik Pertamina cukup berkualitas, tetapi tidak murahan,” tukas dia.

Untuk memenuhi permintaan pasar, saat ini Pertamina sudah memiliki 4 pabrik pelumas di Indonesia, yaitu di Jakarta, Cilacap, Surabaya, dan Gresik, dengan kapasitas produksi pertahun bisa mencapai 600.000 KL (kilo liter), serta menghasilkan 250 merek pelumas milik Pertamina.

Untuk pasar dalam negeri kata dia lagi, rerata pertahunnya bisa menyerap kurang lebih 390.000 KL. “Sedangkan untuk pasar luar negeri penyerapannya mencapai 60.000 hingga 70.000 KL per tahun,” tukasnya.

Hendrato menegaskan meski saat ini persaingan untuk pelumas sangat tinggi, tetapi Pertamina yakin bisa menguasai pasar pelumas di Indonesia. “Karena salah satu keunggulan pelumas Pertamina adalah, memiliki pabrik sendiri di Indonesia,” tandas dia.

Bahkan dengan dua gerai Olimart di Makassar, yang berarti telah ada empat gerai Olimart di wilayah Region VII Pertamina, katanya tahun ini Pertamina menargetkan penjualan pelumas harus mencapai 300 KL, khusus di wilayah Sulampapua.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.