Sunday, October 22, 2017

Pertamina Tarik 1 Juta Tabung LPG 3 Kg Tidak Memenuhi SNI

August 3, 2010 by  
Filed under BBG

AKARTA. Dalam rangka menjamin keamanan bagi masyarakat pengguna LPG 3 Kg, PT Pertamina (Persero) menarik 1 juta tabung LPG 3 Kg yang kondisi sudah tidak layak dipergunakan, meski masa berlaku tabung tersebut belum mencapai 5 tahun. PT Pertamina (Persero) akan mengembalikannya ke pabrik yang memproduksinya.

”Pertamina melaporkan pada Rakornis, bahwasannya gas LPG 3 Kg yang sampai ke Masyarakat sudah melewati inspeksi yang ketat. Oleh karena itu Pertamina samapi kemarin melaporkan telah menarik 1 juta tabung gas LPG yang berdasarkan hasil inspeksinya tidak comply terhadap SNI”, ujar Sesmenko Kesra Indroyono Soesilo dalam jumpa pers hasil Rapat Koordiansi Teknis (Rakornis) pengamanan gas LPG 3 Kg. Jumat (30/7).

” Tabung-tabung yang tidak comply itu dikembalikan ke pabrikan karena sebenarnya garansi tabung-tabung itu adalah 5 tahun”, lanjutnya.

Program Konversi Minyak Tanah ke LPG dilaksanakan Pemerintah sejak tahun 2007 hingga kini jumlah tabung yang dipasar adalah sebanyak 60 juta tabung dimana 45 juta yang beredar dimasyarakat dan 15 juta milik Pertamina yang untuk berputar. ”Harapannya, dengan adanya tabung yang ditarik karena tidak berfungsi dan diganti dengan yang baru  ini akan berputar terus sehingga cadangan tabung dimasyarakat tetap tersedia”, imbuh Indroyono.

Terjadinya kecelakaan yang berkaitan dengan penggunaan LPG Tabung 3 kg dan 12 kg akhir-akhir ini telah mendapat perhatian dan penanganan yang serius dari Pemerintah dan dari hasil identifikasi didapatkan beberapa hal yang berkaitan dengan kecelakaan penggunaan tabung LPG 3 kg. Berdasarkan laporan Bareskrim Polri, dugaan sementara penyebab kecelakaan bukan karena tabung. Meski demikian tabung yang sudah tidak layak tetap harus diganti karena dapat menyebabkan kebocoran. Kerusakan tabung dapat diakibatkan beberapa hal seperti, kualitas bahan yang tidak SNI, penanganan tabung yang tidak semestinya seperti, melempar-lempar tabung, dan praktek ilegal berupa pengoplosan yang dapat merusak valves.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.