Saturday, October 21, 2017

Pertamina tambah pasokan gas ke industri pupuk

April 14, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Pertamina (Persero) memperpanjang pasokan gas untuk pabrik pupuk dan pembangkit listrik dengan volume 230 juta kaki kubik per hari (MMscfd) sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memenuhi kebutuhan gas domestik.

Presdir Pertamina EP Salis S Aprilian mengatakan perusahaan menandatangani tiga kontrak perpanjangan pasokan gas, masing-masing dengan PT Pupuk Sriwidjaja 1,3,4 Palembang, PT Pupuk Kujang Cikampek 1B, dan PT Pembangkit Listrik Jawa Bali (PJB) Muara Tawar.

Pasokan gas untuk Pusri, tuturnya, merupakan amendemen dari kontrak yang berlaku saat ini yang akan berlaku mulai 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2017 dengan volume pasokan 166 MMscfd.

Adapun, pasokan untuk Pupuk Kujang merupakan amandemen kontrak saat ini yang berlaku mulai 1 Januari 2012 hingga 31 Desember 2016 dengan volume 39 MMscfd.

Pasokan untuk PJB Muara Tawar, katanya, merupakan perpanjangan kontrak jual beli gas selama 2 tahun dimulai dari 21 Juni 2010 hingga 20 Juni 2012 dengan volume kontrak 25 MMscfd senilai US$81 juta.

“Kami akan terus berkomitmen untuk mengutamakan pasokan gas ke domestik. Pertamina EP sejauh ini memang menjadi produsen gas terbesar yang memasok kebutuhan dalam negeri,” katanya hari ini.

Selain Pertamina EP, kontrak pasokan gas domestik yang ditandatangani hari ini juga meliputi amendemen kontrak jual beli gas antara Pupuk Kujang Cikampek 1A dan PT PErtamina Hulu Energi ONWJ dan perjanjian jual beli gas antara PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya dan Medco E&P Indonesia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.