Sunday, September 24, 2017

Pertamina somasi Freeport soal tender BBM industri

November 19, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Energi ;  PT Pertamina (Persero) melayangkan surat protes (somasi) kepada PT Freeport Indonesia, terkait tender pengadaan bahan bakar minyak (BBM) industri jenis high speed diesel (HSD/solar) sebesar 30.000-44.000 kiloliter (KL), dengan estimasi nilai kontrak US$340 juta.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Mochamad Harun mengungkapkan tender pengadaan BBM yang diadakan oleh perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat itu dinilai sangat tidak fair bagi perseroan.

“Yang menjadikan Pertamina protes itu karena dinyatakan tidak commercially competitive, padahal kami merasa tidak diberi kesempatan oleh mereka [Freeport] untuk mengikuti tender tersebut,” tutur dia, hari ini.

Selain itu, dia menambahkan untuk tender dengan nilai sebesar US$340 juta itu, juga tidak dilakukan process aanwijing, technical meeting, atau bahkan site visit, sehingga secara langsung memberikan keuntungan kepada existing customer yang sudah memiliki pengetahuan lebih mendalam perihal operasional di lokasi tambang Freeport.

“Tidak adanya keseragaman periode acuan MOPS [untuk menentukan patokan harga BBM], tentunya tidak dimungkinkan untuk dilakukan perbandingan secara fair.”

Harun menjelaskan pengumuman tender tertutup untuk bahan bakar minyak Freeport itu hanya berupa undangan yang dikirimkan melalui email ke Pertamina Contact Center. Sementara itu, lanjut dia, Pertamina dinyatakan kalah dalam tender tersebut pada 13 Agustus 2010.

“Pertamina dinyatakan not commercially competitive, padahal kami kan sudah terbukti dengan mampu memasok BBM ke PT Newmont Nusa Tenggara. Kami menunggu tanggapan somasi itu dari Freeport,” tutur Harun.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.