Sunday, September 24, 2017

Pertamina siapkan 10 perangkat dukung hulu migas

August 5, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

PT Pertamina (Persero) menyiapkan 10 perangkat lunak yang akan mendukung kegiatan teknologi hulu minyak dan gas bumi, guna mencapai target produksi 1 juta barel oil equivalent pada 2015.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengungkapkan kegiatan up stream merupakan sentra pertumbuhan Pertamina. Oleh karena itu penguasaan teknologi di bidang hulu merupakan syarat mutlak untuk mendorong pertumbuhan produksi dan peningkatan cadangan migas.

“Perangkat lunak tersebut merupakan karya Pertamina sendiri dan telah didaftarkan hak patennya sehingga siap diaplikasikan guna mendukung pencapaian peningkatan produksi dan cadangan Pertamina,” katanya dalam keterangan pers, hari ini.

Menurut dia, Pertamina telah terbukti selama 5 tahun terakhir memberikan kinerja terbaiknya dalam hal meningkatkan produksi minyak dan gas.

Pertamina melalui EPTC (Exploration & Production Technology Center), katanya, meluncurkan 10 perangkat lunak aplikasi geologi, geofisika, surface facilities, dan data geomatika untuk memperkuat bisnis hulu Pertamina dalam meningkatkan produksi dan memperbesar cadangan.

Berdasarkan keterangan pers, penguatan penguasaan teknologi hulu ini digelar dalam acara Forum Sharing Teknologi Hulu yang dibuka secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan pada 4 Agustus 2010 di Bandung.

Perangkat lunak yang diluncurkan tersebut, meliputi Gravfluid technology, Petrogen, Tomodepth, PF Desain, AI Chem Amine TS, Pertamina Geodatabase & Web Gis, 3D Cross Resistivity Technology, Pertamagama, TopoSeis Bixed, dan Knowledge Management Hulu.

Dari beberapa perangkat lunak yang diluncurkan tersebut, sebagian sudah diaplikasikan di beberapa lapangan milik Pertamina, seperti di Rantau dan Bunyu serta sebagian lagi masih dalam tahap uji coba.

“Kami memang belum bisa memastikan berapa peningkatan produksi dengan adanya teknologi tersebut. Namun, yang jelas akan sangat membantu untuk meningkatkan produksi ke depan,” tutur Karen.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.