Thursday, March 30, 2017

Pertamina sediakan 10 juta paket selang elpiji

July 8, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah menyediakan sekitar 10 juta paket selang dan regulator pengganti paket lama yang sudah aus sebagai bagian dari upaya pemerintah mengurangi risiko kecelakaan gas elpiji 3kg.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo mengatakan Kementerian Perindustrian telah menetapkan 13 perusahaan pemasok selang dan regulator pengganti. Menurut dia, perusahaan-perusahaan itu memiliki kapasitas masing-masing sekitar 150.000—200.000 unit.

“Sementara ini yang diproduksi sekitar 1.500 unit yang akan didistribusikan di enam outlet. Untuk sementara penyebaran baru di wilayah sekitar pabrik, setelah itu baru menyebar,” katanya hari ini.

Djaelani mengatakan dalam sepekan diharapkan selang dan regulator tersebut mulai tersebar di Jabodetabek yang memiliki sebanyak 230 agen. Menurut dia, tahun ini pemerintah telah menganggarkan pendistribusian selang dan regulator sebanyak 10 juta unit.

“Tahun ini akan didistribusikan sebanyak 10 juta unit,” tuturnya.

Djaelani mengatakan untuk pengadaan selang dan regulator tersebut berada dalam kewenangan Kementerian Perindustrian yang telah menunjuk 13 perusahaan penyedia. Selang dan regulator tersebut, tuturnya, langsung didistribusikan oleh produsen kea gen-agen elpiji Pertamina.

“Jadi tidak melalui gudang Pertamina dan tidak menggunakan uang Pertamina. Semua diupayakan oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, termasuk penunjukan 13 perusahaan itu,” katanya.

Untuk pengawasan, katanya, merupakan tanggung jawab dari Kementerian Perdagangan dan Polri. “Kami mengawasi sampai di stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBBE) dan agen untuk mengecek jangan ada tabung bocor yang keluar dari SPBBE. Agen dan pangkalan itu juga harus resmi, sehingga tidak ada oplosan.”

Dia mengatakan produk selang dan regulator pengganti hanya akan didistribusikan lewat agen-agen resmi yang telah ditunjuk. “Tidak akan ada di toko. Karena kalau sudah sampai di pasaran itu harganya sudah beda, sedangkan ini sudah ditetapkan harganya Rp15.000 untuk selang dan Rp20.000 untuk regulator.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.