Saturday, March 25, 2017

Pertamina rugi dari BBM bersubsidi Rp456 miliar

April 27, 2010 by  
Filed under BBM

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) mengaku rugi Rp456 miliar dari pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi selama kuartal pertama akibat tingkat alpha atau biaya distribusi dan margin yang belum memadai.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan tingka alpha sangat sensitif terhadap asumsi dolar dan harga Indonesia Crude Price (ICP).

Dengan alpha yang ditetapkan APBN 2010 sebesar Rp556 per liter, tuturnya, selama kuartal pertama 2010 perusahaan sudah merugi sebesar Rp456 miliar.

“Dengan alpha Rp556 per liter, periode Januari-Maret kami merugi Rp456 miliar makanya kami usulkan dilakukan penyesuaian apalagi Pertamina dituntut untuk memperoleh laba Rp25 triliun tahun ini,” katanya hari ini.

Pertamina mengusulkan alpha tahun ini sebesar Rp656 per liter yang terdiri dari Rp556 per liter berupa alpha untuk mencapai titik impas, dan Rp100 per liter sebagai margin perusahaan.
Besaran alpha tersebut dengan mempertimbangkan asumsi tingkat kurs Rp9.200 per liter dan ICP US$77 per barel.

Sebelumnya, Karen menjelaskan pada tahun lalu Pertamina merugi sebesar Rp6,9 triliun yang Rp5,8 triliun di antaranya terjadi pada semester 1 2009.

Saat itu, tambahnya, alpha ditetapkan dalam bentuk persentase sebesar 8% terhadap Mid Oild Platts of Singapore (MOPS).

“Di semester kedua alpha diubah menjadi Rp536 per liter tetapi tidak retroaktif,” katanya.

Selain itu, Karen juga meminta agar besaran alpha tersebut ditinjau setiap tiga bulan untuk merespons sensitifitas alpha terhadap fluktuasi kurs dan ICP.

“ Apabila berdasarkan perhitungan pada periode tersebut ternya alpha perlu tambahan, ya kami meminta tambahan. Tetapi apabila ternyata pada periode yang lain alpha terlalu tinggi, kami akan kembalikan kelebihannya.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.