Monday, October 23, 2017

Pertamina Rencanakan Bangun 4 Kapal LPG

March 5, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Surabaya – PT Pertamina merencanakan untuk membangun empat unit kapal LPG Carrier 3500 CuM pada tahun ini.

“Kami belum tahu kebutuhan secara persis, tapi kami selama ini menyewa 20 kapal LPG,” kata Koordinator Pembangunan Kapal Pertamina Shipping Soebagjo H Moeljanto, di Surabaya, Kamis (4/3).

Di sela-sela “Semarak Mahasiswa Perkapalan” (SAMPAN) ke-4 dalam rangka 50 tahun Teknik Perkapalan FTK-ITS Surabaya, ia mengatakan ke-20 kapal LPG disewa dari perusahaan asing dan dalam negeri.

“Tapi, mayoritas kapal LPG itu kami sewa dari perusahaan asing, karena itu akan kami kurangi secara bertahap. Untuk itu, kami merencanakan untuk membangun empat unit kapal LPG pada tahun ini,” katanya.

Menurut dia, pemenuhan secara bertahap untuk kapal LPG yang bukan menyewa itu merupakan kebutuhan mendesak, mengingat LPG akan segera menggantikan keberadaan minyak tanah.

“Tahun ini, Jakarta sudah bebas minyak tanah, kemudian nantinya meluas ke provinsi lain, karena itu kami akan membangun kapal LPG dan juga terminal LPG,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Industri Maritim dan Jasa Keteknikan, Direktorat Alat Transportasi dan Telematika, Kementerian Perindustrian Soerjono mengatakan pemerintah merencanakan untuk membangun tiga galangan kapal pada tahun 2010.

“Ketiga galangan kapal itu akan dibangun di Lamongan dan Cilegon yakni dua galangan kapal di Lamongan dan sebuah galangan kapal di Cilegon,” katanya.

Menurut dia, pembangunan ketiga galangan kapal itu akan selesai pada akhir tahun 2010, karena itu diperkirakan akan mulai beroperasi pada tahun 2011.

“Yang jelas, galangan kapal itu perlu dibangun, karena saat ini untuk reparasi kapal saja perlu antre, sehingga semuanya bisa menjadi terlambat,” katanya.

Media Indonesia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.