Tuesday, May 30, 2017

Pertamina-PGN buka peluang kongsi garap LNG train

May 8, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk kembali membuka peluang berkongsi dalam menggarap LNG train di Arun, untuk diubah menjadi LNG receiving terminal.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar menuturkan LNG receiving terminal itu diharapkan bisa segera dibangun lebih cepat dari tiga penyimpanan gas alam cair yang dibangun di Sumatra Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur.

“LNG receiving terminal merupakan proyek yang mendesak untuk menampung LNG dari Arun maupun dari impor. Sekarang belum ada fasilitas penyimpanannya, dan masih dalam tahap pembangunan,” ujarnya hari ini.

Menurut Mustafa, pihaknya sejauh ini telah mendengar minat dari Pertamina dan PGN untuk menggarap fasilitas penyimpanan LNG di Arun. Namun, masing-masing perusahaan belum menyatakan untuk bekerja sama.

Fasilitas yang akan dikembangkan itu saat ini masih dikuasai oleh ExxonMobil. Perusahaan asal Amerika Serikat ini berniat menyudahi kontrak lapangan migas Arun pada 2014. Keputusan itu diambil dengan
pertimbangan lapangan migas di Arun dinilai sudah tidak lagi menguntungkan.

Gas alam cair yang disimpan di fasilitas ini diproyeksikan bisa digunakan untuk menyuplai ke sejumlah industri yang ada di Aceh, seperti halnya Pupuk Iskandar Muda, PLN, maupun PT Kertas Kraft Aceh.

PGN dan PLN sebelumnya telah berkongsi melalui pembentukan PT Nusantara Regas yang mengelola LNG receiving terminal di wilayah Jawa Barat.

Sekretaris Perusahaan PGN Wahid Sutopo ketika dikonfirmasi menuturkan perseroan masih mengkaji berbagai kemungkinan untuk mengembangkan LNG receiving terminal di Arun.

“Belum diputuskan, dan kami mengkaji berbagai hal. Di luar itu kami masih fokus untuk mengembangkan penyimpanan LNG yang di Jawa Barat maupun di Sumatra Utara,” ujar Wahid.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, dana yang dibutuhkan untuk mengubah LNG train milik ExxonMobil menjadi LNG receiving terminal mencapai US$60 juta, atau sekitar Rp600 miliar.(

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.