Friday, July 28, 2017

Pertamina Perpanjang Pasokan Gas ke PGN hingga Akhir Tahun

April 3, 2010 by  
Filed under BBG

PT Pertamina Hulu Energy (PHE), operator lapangan migas Offshore Northwest Java (ONWJ) memperpanjang pasokan gas untuk PT Perusahaan Gas Negara (persero) hingga akhir tahun 2010.

Anak usaha PT Pertamina (Persero) itu akan menyalurkan total volume gas sebesar 3,75 Trilion British Thermal Unit (TBTU) mulai awal April ini.

Sebelumnya, anak usaha Pertamina ini hanya bersedia memperpanjang pasokan gas dari lapangan ONWJ ke PGN mulai April hingga Juni dengan total pasokan sebesar 1,58 TBTU.

“Kami akan perpanjang sampai Desember. Rencananya perpanjangan kontrak Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) tersebut akan ditandatangani pekan depan,” ujar juru bicara PHE Ali Mudakir di sela acara seminar ‘Memahami Masa Depan Minyak dan Gas Bumi di Jakarta, Kamis (1/4).

Menurut Mudakkir, gas dari lapangan tersebut akan di jual ke PGN dengan harga di atas US$ 5 Per mmbtu.

“Harganya memang naik karena terkait dengan pengembangan lapangan ke depan,” ujarnya.

Kenaikan harga beli ini menjadi salah satu alasan PGN untuk menaikkan harga jual gas hingga 15% kepada pelanggan industri di Jawa Barat.

Terkait kewajiban pasokan untuk konsumen lain yakni PT Pupuk Kujang dan PLN, pihaknya menjamin tidak akan terganggu dengan adanya perpanjangan waktu pasokan ini.

“Tidak akan ada pemotongan untuk pasokan PLN dan Pupuk Kujang,” tukas Mudakkir.

Sementara, Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), R Priyono, menyatakan defisit gas PGN bukan karena pasokan gas di dalam negeri tidak mencukupi.

“Kalau pasokan bisa dicarikan dari ladang gas manapun. Masalahnya ketiadaan infrastruktur membuat penyaluran gas ke wilayah defisit sulit dilakukan. Saat ini infrastruktur yang dimiliki PGN belum memadai,” ujar Priyono.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.