Sunday, October 22, 2017

Pertamina Pasok 230 MMSCFD untuk Kebutuhan Gas Domestik

April 19, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

JAKARTA. Dalam acara Dialog Gas Nasional beberapa waktu lalu, PT Pertamina EP menandatangani kesepakatan untuk memasok gas sebesar 230 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) untuk kebutuhan PT Pupuk Sriwijaya Palembang, untuk PT Pupuk Kujang Cikampek dan untuk PT Pembangkit Listrik Jawa Bali (PJB) Muara Tawar.

Presiden Direktur Pertamina EP Salis S Aprilian menyatakan bahwa penandatangan kontrak ini kembali mengukuhkan dominasi Pertamina EP sebagai pemasok utama gas dan sekaligus produsen gas terbesar yang memasok kebutuhan di dalam negeri. Pertamina EP terus berupaya untuk mengembangkan prospek-prospek baru yang memiliki potensi pasar yang baik serta mencari cadangan-cadangan baru untuk mendukung upaya peningkatan produksi Minyak dan Gas, demikian Salis S Aprilian.

Pasokan gas untuk Pupuk Sriwijaya merupakan amandemen dari kontrak yang berlaku saat ini yang akan dilaksanakan selama 5 tahun mulai 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2017 dengan volume pasokan 166 MMSCFD, pasokan untuk Pupuk Kujang merupakan amandemen kontrak saat ini yang berlaku untuk 5 tahun mulai 1 Januari 2012 hingga 31 Desember 2016 dengan volume 39 MMSCFD. Sedangkan Pasokan untuk PJB Muara Tawar merupakan perpanjangan kontrak jual beli gas selama 2 tahun mulai 21 Juni 2010 hingga 20 Juni 2012 dengan volume kontrak 25 MMSCFD senilai USD 81 juta.

Pasokan untuk domestik ini merupakan dorongan kuat BPMIGAS kepada seluruh produsen untuk mengimplemantasikan Peraturan Menteri ESDM No. 3/2010 tentang prioritas alokasi gas domestik, yakni prioritas pertama diberikan kepada operasi industri hulu migas, kedua untuk industri pupuk, ketiga untuk pembangkit listrik dan keempat untuk industri lainnya. Produksi gas Pertamina EP saat ini sebesar 1058 MMSCFD, yang seluruhnya digunakan untuk memasok kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri. Dari jumlah tersebut 34 % dipasok kepada Perusahaan Gas Negara (PGN), 25% untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik, untuk industri 20% dan 18% untuk pupuk, dan 3% lainnya untuk kebutuhan Kilang Pertamina.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.