Saturday, October 21, 2017

Pertamina & Medco segera bor 40 sumur baru

May 12, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina (Persero) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) segera mengebor 40 sumur baru di lapangan Senoro dan Matindok setelah kelanjutan proyek LNG Donggi senoro diputuskan.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti dan Formalitas Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) Agus Suryono mengatakan saat ini dua pengembang yang ada telah mengebor sekitar 5 sumur untuk mengidentifikasi cadangan yang ada.

Namun, tuturnya, berdasarkan rencana pengembangan (plan of development) yang sudah disetujui BP Migas, 21 sumur akan dibor di Lapangan Senoro dan 19 sumur di Lapangan Matindok.

“Sebelumnya mereka sudah mengebor lima sumur yang terdiri dari tiga sumur di Senoro dan dua sumur di Matindok. Tetapi, dalam PoD mereka akan mengebor 21 sumur di Senoro dan 19 sumur di Matindok. Di Lapangan Matindok sendiri ada 4 sumur Minahaki, 8 sumur di Donggi, 4 di Matindok, dan 3 di Maleo,“ katanya hari ini.

Untuk 21 sumur di lapangan Senoro diharapkan akan menghasilkan gas sebesar 230 MMscfd. Adapun investasi yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut US$245 juta.

Sementara itu, tutur Agus, dari lapangan Matindok sebanyak 56 MMscfd—95 MMscfd. “Tapi investasi justru lebih besar sekitar US$789 juta walaupun gasnya lebih sedikit.”

Namun, katanya, Agus mengungkapkan rencana pengeboran tersebut bisa berubah disesuaikan dengan jumlah kebutuhan gas. Besaran kebutuhan itu, katanya, masih menunggu ketetapan dari pemerintah.

“Jumlah sumur bisa saja kurang kalau ternyata produksi di setiap sumur itu besar,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.