Friday, January 20, 2017

Pertamina tambah pasokan 25 persen Menjelang Lebaran

August 26, 2011 by  
Filed under BBM, Featured

PT Pertamina Unit Pemasaran Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah pasokan bahan bakar minyak sebesar 25 persen mengantisipasi lonjakan permintaan premium dan solar menjelang Lebaran.

Asisten Manajer Eksternal Pertamina Unit Pemasaran Regional IV Jeteng/ DIY, Heppy Wulansari di Pekalongan, Jumat, mengatakan Pertamina menjamin persediaan BBM hingga Lebaran di Jawa Tengah dan DIY masih tetap aman.

“Saat ini, Pertamina telah menambah pasokan BBM jenis premium sebesar lima persen dan pertamax serta pertamax plus 100 persen. Kami perkirakan kebutuhan BBM saat arus mudik pada 2011 lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Menurut dia, lonjakan permintaan BBM akan terjadi pada H-3 Lebaran hingga arus balik Lebaran karena saat itu para pemudik banyak yang menggunakan kendaraannya untuk bepergian ke kampung halamannya dan kembali ke tempat kerja.

“Namun, untuk mengantisipasi kelangkaan BBM, kami menyiapkan kebutuhan BBM sebesar 5.900 kiloliter,” katanya.

Ia mengatakan untuk mempermudah dan mengantisipasi lonjakan permintaan BBM di jalur pantai utara, PT Pertamina juga telah menyiapkan sembilan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kantong BBM.

“SPBU kantong BBM tersebut bisa menjadi cadangan pasokan antara satu hingga dua SPBU yang jaraknya berdekatan, terutama jika terjadi kemacetan arus lalu lintas kendaraan,” katanya.

Selain menyiapkan SPBU kantong BBM di jalur pantura, katanya, PT Pertamina juga menyiapkan tujuh unit di jalur selatan.

“Kami berharap dengan disediakannya SPBU kantong BBM tersebut, lonjakan pemakaian BBM bisa segera diatasi karena jarak pendistribusian dari depot sampai ke SPBU diperpendek,” katanya.

Pekalongan – Ketua Hiswanamigas Pekalongan, Ony Firmansyah mengatakan pihaknya menjamin kebutuhan minyak dan gas menjelang Lebaran masih aman karena pasokan ditambah sebesar 20 persen dari jumlah kebutuhan saat kondisi normal.

“Kebutuhan minyak dan gas tidak akan terjadi kelangkaan karena pasokan telah kami tambah 20 persen dari jumlah kebutuhan pada hari biasa,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.