Monday, October 23, 2017

Pertamina Kembali Diundang ke Irak

May 8, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta – Pemerintah Irak mengundang perusahaan migas internasional untuk ikut serta dalam lelang  tiga lapangan gas di Irak yang akan dibuka pada 1 September mendatang. PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu perusahaan yang akan diundang dalam tender tersebut.

Lelang ini merupakan kelanjutan dari dua lelang yang digelar Irak pada tahun lalu, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi minyak Irak dari 2,4 juta barel per hari, menjadi sekitar 10-12 juta barel per hari.

“Kami mengumumkan penawaran putaran ketiga untuk mengembangkan beberapa lapangan gas di Irak setelah kita mencapai kesuksesan besar dalam dua putaran pertama penawaran,” kata Menteri Perminyakan Hussein al-Shahristani seperti dikutip dari AFP, Jumat (7/5/2010).

Rencananya, 45 perusahaan migas internasional termasuk PT Pertamina (Persero) yang telah ikut serta dalam tender tahun lalu akan diundang untuk mengikuti  pengarahan teknis mengenai tender tersebut di Baghdad pada tanggal 1 Agustus, sebelum dokumen penawaran resmi dikeluarkan dua minggu kemudian. Sehingga pada tanggal 1 September mendatang, perusahaan –perusahaan tersebut sudah bisa menyerahkan penawaran mereka.

Ketiga lapangan gas yang akan ditawarkan pemerintah Irak tersebut diperkirakan memiliki total cadangan 11,2  triliun kaki kubik (tcf).

Lapangan gas terbesar yang ditawarkan yaitu lapangan Akkaz yang memiliki panjang 50 kilometer dan lebar 18 kilometer dengan cadangan gas sebesar 5,6 tcf. Lapangan ini berada di provinsi Anbar.

Lapangan selanjutnya yaitu lapangan Mansuriyah yang terletak di Provinsi Diyala dengan cadangan sebesar 4,5 tcf.

Sedangkan lapangan gas ketiga yang akan ditawarkan yaitu Siba, terletak di provinsi Basra Selatan dekat perbatasan Iran dan Kuwait. Lapangan ini memiliki cadangan sebesar 1,1 tcf. Menurut Shahristani, informasi lengkap mengenai ladang gas akan dipublikasikan pada 1 Juni.

Dikonfirmasi mengenai kabar itu, Plt Dirut Pertamina Hulu Energi (PHE), Dwi Martono mengaku masih belum mengetahui soal pembukaan lelang tahap III tersebut sehingga ia belum bisa memastikan apakah perseroan akan ikut dalam tender itu atau tidak.

“Belum tahu saya apakah Pertamina akan ikut atau tidak, wong saya baru dikasih tahu anda. Meskipun  Pertamina diundang, tapi kan tidak harus masukan penawaran karena kami harus evaluasi dulu. Jadi saya belum bisa berkomentar soal ini,” kata Dwi saat dikonfirmasi detikFinance.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.