Tuesday, January 17, 2017

Pertamina jamin pasokan BBM, PLN suplai genset

October 29, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina menjamin ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat pascagempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter disertai gelombang tsunami yang melanda kawasan tersebut pada Senin (24 Oktober) malam.

Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengungkapkan perseroan berupaya memenuhi ketersediaan pasokan BBM di Mentawai melalui satu agen premium dan minyak solar (APMS) dan dua agen minyak tanah.

Selain itu, jelas dia, Pertamina juga menyiapkan tambahan supplai BBM ke Kepulauan Mentawai untuk mengantisipasi kekurangan pasokan bila terjadi peningkatan kebutuhan di kawasan tersebut.

“Sejauh ini, kondisi pasokan BBM di Mentawai cukup aman. Kami juga menyediakan tambahan pasokan,” tutur dia, hari ini.

Dia menjelaskan kondisi stok BBM di APMS sampai hari ini terdiri dari 6 kiloliter (kl) premium dan 8 kl solar. Untuk satu APMS, lanjut dia, mempunyai alokasi 200 kl dan 112 kl solar per bulan dan dua agen minyak tanah dengan alokasi 250 kl per bulan.

Di sisi lain, dia menambahkan Pertamina melalui Satkorlak Sumbar juga mengirimkan bantuan pasokan 20 kl premium, 5 KL solar, dan 5 KL minyak tanah untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi bantuan dan relawan.

Selain itu, kata dia, sejak tadi pagi juga sudah diberangkatkan tongkang dari Terminal Transit BBM Teluk Kabung ke APMS Mentawai sebanyak 10 KL premium dan 15 (KL) minyak tanah.

“Nanti pada 29 Oktober 2010 juga akan diberangkatkan lagi 11 [kl] premium, 2 [kl] solar, dan 20 [kl] minyak tanah,” tutur Harun.

Terkait pasokan listrik, Direktur Utama PT PLN mengungkapkan sudah mengirimkan sebanyak emapt unit genset, masing-masing berkapasitas 5 kV untuk membantu melistriki wilayah tersebut.

“Kebutuhan listrik di Mentawai itu kan kecil. Biasanya pakai PLTD [pembangkit listrik tenaga diesel] berkapasitas 200 kV. Tapi, kami kirimkan genset 4×5 kV ke tempat pengungsian,” tutur dia.

Sementara itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga mengirimkan Tim Reaksi Cepat ESDM Peduli Bencana ke Kepulauan Mentawai untuk melakukan pemeriksaan dampak bencana gempa bumi dan tsunami.

“Tim ini bertugas memberikan laporan hasil pemeriksaan dan rekomendasi teknik mitigasi bencana gempa bumi serta tsunami,” jelas Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono dalam keterangan persnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.