Monday, July 24, 2017

Pertamina Hulu Energy perpanjang kontrak PGN

April 2, 2010 by  
Filed under BBG

PT Pertamina Hulu Energy akan memperpanjang kontrak jual beli gas dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk sebesar 3,75 triliun British Termal Unit (TBTU) hingga Desember 2010.

“Perpanjangan kontrak akan dituangkan dalam Perjanjian Jual Beli Gas [PJBG] dengan PGN, dengan harga di atas US$5 per MMBTU,” kata Juru Bicara Pertamina Hulu Energy, Ali Mundakir pada diskusi “Memahami Masa Depan Minyak dan Gas Bumi”, di Jakarta hari ini.

Menurut Ali, gas akan dialirkan dari lapangan Offshore North West Java (ONWJ). “Volume gas yang dialirkan mencapai 3,75 TBTU terhitung sejak April hingga akhir tahun ini,” katanya.

Pertamina Hulu Energy yang merupakan anak usaha PT Pertamina ini, sedianya hanya memenuhi kontrak gas dari ONWJ sebanyak 1,58 TBTU.

“Kami memutuskan memperpanjang sampai Desember dan akan ditandatangani pada akhir pekan depan,” katanya.

Soal harga, dia mengatakan sangat tergantung pada volume yang dialirkan, tetapi pada kontrak-kontrak sebelumnya harganya sangat bervariasi.

“Harganya di atas US$5 per MMBTU, harga lebih tinggi karena untuk pengembangan lapangan,” katanya.

Meski menambah kapasitas pasokan kepada PGN, Ali mengutarakan bahwa pasokan ke dua pembeli yakni PT PLN dan PT Pupuk Kujang tidak akan terkendala.

“Kami jamin pasokan gas kepada pembeli tetap aman,” katanya. Sebelumnya usulan perpanjangan kontrak sudah disampaikan Dirut PGN Hendi P Santoso di Jakarta, Selasa.

Hendi menjelaskan bahwa usulan perpanjangan kontrak sudah disampaikan. Saat ini PGN sedang menunggu kepastian pasokan gas alam cair (LNG) di Banten dan Medan untuk merealisasikan pembangunan dua LNG Receiving Terminal.

“Proses pembangunan dua terminal LNG receiving terminal masih menunggu kepastian suplai,” katanya.

Hendi menjelaskan pasokan di Medan diharapkan mencapai 1-1,5 juta ton LNG, sedangkan di Banten sebesar 3 juta ton LNG.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.