Saturday, October 21, 2017

Pertamina Hibahkan Saham Geodipa Kepada Pemerintah

February 9, 2011 by  
Filed under Featured, Geothermal

Energi – JAKARTA. Pertamina menghibahkan saham PT Geodipa Energi kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Penandatanganan Hibah Saham yang dilaksanakan di Kantor Ditjen Kekayaan Negara.

PT Geodipa Energi didirikan pada 23 Mei 2002 oleh Pertamina dan PLN melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Pendirian Perusahaan Patungan di Bidang Panas Bumi Pertamina Hibahkan Saham Geodipa Kepada Pemerintah(”Perjanjian Kerjasama”) dan Joint Development Agreement  tentang Rencana Pengembangannya.tahun 2002. Perusahaan ini didirikan untuk mengelola aset lapangan panas bumi di Dieng dan Patuha. Komposisi kepemilikan saham di GDE adalah 67% Pertamina dan 33% PLN. Atau senilai Rp. 443.525.600.000 ekuivalen US$44,325,560 Pertamina dan Rp. 218.475.570.000 ekuivalen US$21,847,557 PLN.

Melalui hibah saham bersebut, Pertamina menyerahkan seluruh sahamnya di PT Geodipa Energi sehingga tidak lagi memiliki saham di perusahaan tersebut.

Hibah saham Geodipa ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam mendukung pemerintah untuk memaksimalkan pemanfaatan energi terbarukan. Panas bumi merupakan energi terbarukan yang akan menjadi potensi besar bagi ketahanan energi nasional di masa mendatang.

Kehadiran PT  Geodipa Energi sebagai BUMN nanti, diharapkan tidak hanya akan menjadi kompetitor yang baik bagi perusahaan geothermal lain seperti PT PGE (Anak Perusahaan Pertamina),  namun tentunya juga tidak menutup kemungkinan akan mampu menjadi mitra kerja yang baik bagi pengembangan bisnis tanah air, yang seperti kami sampaikan, saat ini juga masih dilakukan oleh anak perusahaan Pertamina.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.