Sunday, March 26, 2017

Pertamina genjot produksi kilang minyak mentah

December 1, 2010 by  
Filed under BBM

EnergiPT Pertamina (Persero) menargetkan peningkatan kapasitas produksi kilang minyak mentah perseroan hingga 64,02% dari 40,64 juta kiloliter (KL) menjadi 66,66 juta KL pada 2017.

Direktur Pengolahan Pertamina Edy Setianto mengungkapkan peningkatan kapasitas produksi kilang perseroan itu, terutama terkait dengan eksisting kilang, akan dilakukan dengan dua langkah.

Pertama, memperbesar kapasitas, kedua meningkatkan nilai tambah. “Total produksi premium, kerosine, solar, dan avtur [BBM] Pertamina masih sekitar 40,64 juta KL,” tutur dia dalam paparan rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, hari ini.

Apabila penambahan kapasitas produksi semua kilang terlaksana, kapasitas produksi premium akan meningkat 90%, solar sebesar 59%, dan avtur 183%. Dengan begitu, keseluruhan produksi dapat mencapai 66,66 juta KL.

Sementara itu, dia menambahkan kapasitas kerosine akan turun sebesar 25% karena pengolahan untuk bahan bakar tersebut diubah menjadi avtur.

Dia menjelaskan upaya peningkatan kapasitas kilang untuk mencapai target produksi BBM 66,66 juta KL tersebut, antara lain, refurbishment Kilang Plaju pada 2012 yang akan menambah kapasitas premium 0,12 juta KL.

Selanjutnya, Kero Treater Dumai dan BPP di Balikpapan yang akan selesai pada 2013 sehingga mampu menurunkan kerosine. Selain itu, juga ada penyelesaikan RFCC Cilacap dan Blue Sky Cilacap pada 2014.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.