Wednesday, January 18, 2017

Pertamina EP Teken Kontrak Gas Domestik USD 265 Juta

February 20, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Direktur Eksplorasi dan Pengembangan PT Pertamina EP, Syamsu Alam, Jumat, 19 Februari 2010, di Jakarta, menandatangani empat kesepakatan jual beli gas untuk keperluan domestik, dengan total nilai kontrak USD 265 juta.

Kontrak perjanjian jual beli gas (PJBG) yang diteken itu meliputi, PJBG antara Pertamina EP dengan PT Medco E&P Indonesia, amandemen PJBG dengan PT Pelangi Cakrawala Losarang, amandemen PJBG dengan PT Tossa Shakti, dan Head of Agreement (HOA) PJBG dengan PT Pertamina Gas (Pertagas).

“Dengan ditandatanganinya keempat perjanjian tersebut, Pertamina EP berkomitmen memasok gas lebih dari 71,2 miliar kaki kubik (TCF) kepada konsumen di dalam negeri. Ini sekaligus mengukuhkan posisi Pertamina EP sebagai pemasok gas terbesar untuk kebutuhan domestik,” ujar Syamsu Alam.

PJBG dengan PT Medco E&P Indonesia adalah untuk keperluan bahan bakar stasiun pemompaan ulang di Pengabuan, Serdang, dan Ibul, Sumatera Selatan. Untuk kontrak ini, total pasokan mencapai 1,3 miliar kaki kubik.

Perjanjian ini berlaku sejak 27 April 2009 sampai dengan 27 November 2013 atau terpenuhinya total pasokan. “Tergantung mana yang tercapai lebih dulu,” jelasnya.

Selanjutnya, dua amandemen PJBG yang ditandatangani Pertamina EP, pertama adalah dengan PT Pelangi Cakrawala Losarang, tentang jual beli gas untuk keperluan industri di Losarang, Indramayu, Jawa Barat. Total pasokan untuk perjanjian ini mencapai 6,2 miliar kaki kubik.

“Perjanjian dengan PT Pelangi Cakrawala Losarang berlaku sejak 18 Desember 2008 sampai dengan 31 Desember 2018 atau terpenuhinya total pasokan. Mana yang tercapai terlebih dahulu,” tambah Syamsu Alam.

Kedua, adalah amandemen PJBG dengan PT Tossa Shakti tentang jual beli gas untuk keperluan pabrik kaca di Jawa Tengah. Total pasokan ke PT Tossa Shakti mencapai 1,4 miliar kaki kubik. Perjanjian ini berlaku sejak 1 Januari 2010 sampai dengan 31 Desember 2011.

Satu HOA ditandatangani oleh PT Pertamina EP dengan PT Pertamina Gas untuk NGL Plant di Sumatera Selatan. Total pasokan ke PT Pertamina Gas mencapai 62,3 miliar kaki kubik. Perjanjian ini berlaku selama 15 tahun sejak 1 Januari 2013.

MajalahTambang.Com
Abraham Lagaligo

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.