Tuesday, January 17, 2017

Pertamina EP Siapkan US$ 506 Juta untuk Blok North West

April 16, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta – Pertamina EP tahun ini menyiapkan dana sebesar sekitar US$ 506 juta untuk mengembangkan Blok Offshore North West Java (ONWJ). Dana itu terdiri dari US$ 142 juta untuk belanja modal (capital expanditure) dan US$ 364 juta untuk belanja operasional (operational expanditure).

Pelaksana Tugas Harian Direktur Utama PHE Dwi Martono menjelaskan, anggaran tahun ini lebih tinggi daripada tahun lalu. Hal itu perlu dilakukan untuk mengejar target produksi dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) sebesar 23,5 ribu barel per hari.

Pertamina EP saat ini sedang mengembangkan dua lapangan minyak dan gas, yaitu APNG dan APNF yang siap berpoduksi pada 2011. “Kita sedang mengkaji pengembangan lapangan GG,” tutur Dwi Martono di Jakarta, Kamis (15/4).

Untuk menggenjot produksi, Pertamina EP terus melaksanakan eksplorasi sumber minyak sampai kuartal ketiga tahun ini. “Mudah-mudahan bisa meningkatkan produksi, terutama gas,” ujar Martono.

Setelah mengalami penurunan produksi sejak Januari lalu, Pertamina Offshore North West Java (ONWJ) akhirnya mencapai produksi 30 ribu barel. “Hari ini Pertamina EP mencapai batas psikologis,” ujar Martono.

Pencapaian tersebut melampaui target dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi untuk ONWJ sebesar 25,3 ribu barel per hari. Menurut dia, dari Januari hingga Maret produksi minyak dan gas turun karena faktor cuaca dan juga perbaikan pipa.

“Kenaikan ini juga didukung oleh perbaikan pipa,” ujar Martono. Tahun ini, kata dia, Pertamina EP masih melakukan kegiatan eksplorasi lapangan hingga kuartal ketiga. “Jadi masih mungkin produksi diatas 30 ribu barel lagi,” tuturnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.