Friday, September 22, 2017

Pertamina EP Incar Produksi 1 Jt bph

March 11, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina EP menargetkan produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) dalam lima tahun ke depan. Caranya dengan joint venture, JoB dengan perusahaan migas lainnya.

Kata Manager Humas Pertamina EP Mohamad Harun di Jakarta, Kamis (11/3). “Dalam 5 tahun ke depan kami targetkan produksi minyak capai 1 juta barel per bari,” kata M Harun.

Untuk mendapatkan produksi sebesar itu, Pertamina akan gencarkan eksplorasi, termasuk menemukan cadangan migas baru. Pertamina EP adalah anak usaha Pertamina Holding yang khusus gencarkan produksi dan eksplorasi minyak di dalam negeri. Sementara anak usahan lainnya PT Pertamina Hulu Energi lebih fokus pada rencana eksplorasi ke luar negeri. Termasuk mengelolah lapangan migas joint venture, JoB dengan perusahaan migas lainnya.

Apabila Pertamina ingin jadi besar, maka produksi minyak dan gas bumi (migas) Pertamina menjadi besar. “Jika ingin menjadi Perusahaan besar, Produksi minyak Pertamina harus besar Bisnis hulu Pertamina harus kuat baik di dalam maupun luar negeri,” kata Moch Harun.

Usaha hulu Pertamina harus sangat kuat bagi eksplorasi di dalam negeri maupun di luar negeri. Pertamina akan gencarkan ekspansi ke luar negeri.

Untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi migas dalam negeri, pertamina berharap dukungan semua pihak. Pertamina berharap dapat dukungan pemerintah misalnya dalam meneruskan beberapa kontrak lapangan migas

yang hampir selesai. Misalnya di lapangan Mahakam, sangat naik kalau pemerintah kembali memperpanjang kontrak total di Mahakam. Padahal national oil company (Pertamina) sudah mampu mengekplorasi blok tersebut.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.