Friday, September 22, 2017

Pertamina distribusikan 44,2 juta paket elpiji

May 8, 2010 by  
Filed under BBG

PT Pertamina (Persero) telah mendistribusikan paket elpiji 3kg sebanyak 44,2 juta paket perdana terhitung pada 29 April 2010 dengan tingkat penghematan subsidi sebesar Rp12,25 triliun.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Toharso mengatakan sejak digulirkannya program konversi minyak tanah ke elpiji pada 2007, Pertamina yang ditunjuk sebagai pelaksana oleh pemerintah telah mendistribusikan sebanyak 44,2 juta paket perdana.

Dengan sejumlah paket itu, tuturnya, nilai minyak tanah yang berhasil ditarik mencapai Rp22,54 triliun. Dalam kurun waktu tersebut, tuturnya, perusahaan menghabiskan biaya pengadaan paket konversi, yang terdiri dari tabung elpiji dan aksesori seperti selang, regulator, dan kompor yang nilainya mencapai Rp10,29 triliun.

Selain itu, dia menjelaskan, nilai penghematan bersih subsidi yang diperoleh dari program konversi tersebut mencapai Rp12,5 triliun.

“Minyak tanah yang berhasil ditarik menimbulkan penghematan subsidi minyak tanah sebesar Rp22,54 triliun. Tetapi, setelah dikurangi semua biaya, penghematan bersih subsidi yang diperoleh sebesar Rp12,25 triliun,” jelasnya dalam konferensi pers hari ini.

Sejauh ini, katanya, Pertamina telah melibatkan sekitar 196 SPBE untuk mendistribusikan elpiji 3kg. Selain itu, katanya, pengadaan tabung elpiji 3kg telah pula melibatkan sebanyak 70 pabrikan tabung elpiji di Indonesia yang memiliki kapasitas 50 juta unit per tahun.

Hanya saja, tuturnya, dengan tingkat kebutuhan tambahan tabung yang hanya akan bergerak pada level 2 juta ton per tahun, hampir bisa dipastikan tabung elpiji 3kg akan terjadi kelebihan pasokan.

Adapun, untuk pengadaan gas elpiji, katanya, Pertamina membutuhkan sekitar 3 juta ton elpiji per tahun, dengan komposisi 2 juta ton per tahun untuk elpiji 3kg dan 1 juta elpiji untuk kemasan 12 kg dan curah.

“Target dari pemerintah untuk program konversi adalah sekitar 52 juta—55 juta paket perdana elpiji 3kg,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.