Saturday, March 25, 2017

Pertamina Disiapkan Jadi Operator Dominan di Tanah Air

February 19, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina (Persero) dipersiapkan pemerintah untuk menjadi pemegang dominan operatorship wilayah kerja minyak dan gas bumi di Tanah Air.Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh mengatakan  BUMN migas itu diharapkan bisa mensejajarkan kemampuan perusahaan BUMN itu dengan perusahaan migas nasional negara lainnya di dunia.

Hingga saat ini, lanjutnya, kinerja perusahaan masih relatif tertinggal dibandingkan dengan perusahaan nasional negara lain, kendati dalam beberapa tahun terakhir sudah ada perbaikan. “Hal itu dibuktikan dari tingkat produksi minyak dan gas Pertamina yang masih berada di bawah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) lainnya di Indonesia,yakni di bawah 200.000 barel per hari [bph]” ujarnya hari ini.

Namun, dia mengakui kinerja itu sudah ada perbaikan dibandingkan dengan kinerja perusahaan di masa lalu sehingga ke depan BUMN itu dipersiapkan untuk memegang kendali pengusahaan migas nasional. Langkah pertama yang dilakukan, kata Darwin, dengan jalan memberikan prioritas kepada Pertamina untuk mendapatkan wilayah kerja yang sudah berakhir masa kontraknya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan setiap kontraktor yang akan habis masa kontraknya, diharuskan mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemerintah dan ditembuskan kepada Pertamina apabila perusahaan hendak memperpanjang kontrak.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.