Monday, May 22, 2017

Pertamina didorong masuk ke Blok Mahakam

March 11, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah mendorong PT Pertamina (Persero) masuk ke Blok Mahakam sebelum masa kontrak operatorship (Production Sharing Contract/PSC) Total EP Indonesie berakhir pada 2017.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan pada prinsipnya pemerintah menginginkan agar pengelolaan lapangan migas yang telah berakhir masa kontraknya dikembalikan kepada negara.

“Kalau memang Total berkeinginan untuk meneruskan posisinya di Mahakam, tentunya dengan pertimbangan yang matang. Kami ingin agar Indonesia, dalam hal ini peran Pertamina lebih dikedepankan dan sebelum expired, Pertamina sudah masuk di sana,” tuturnya, hari ini.

Hanya saja, lanjut dia, pemerintah tetap menghargai langkah Pertamina untuk bernegosiasi secara business to business dengan Total guna menjalin kerja sama yang lebih baik. “Posisi pemerintah dalam kontrak pengelolaan lapangan migas tetap harus lebih baik. Kontribusi Total di Mahakam cukup besar kepada negara. Kalaupun berlanjut, peran Pertamina harus diperbesar,” tutur Darwin.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan Pertamina sudah melakukan pembicaraan bisnis to bisnis dengan Total Indonesia. Bahkan, kedua perusahaan telah sepakat untuk share portofolio. Pertamina bisa masuk di Mahakam, kemudian total bisa saja mengincar portofolio di blok migas Pertamina Total E&P telah memiliki kontrak kerja Blok Mahakam sejak 31 Maret 1967.

Kontrak itu akan berakhir pada 2017. Menurut data Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi, blok Mahakam telah memproduksi 1,056 miliar barel minyak dan kondensat 12,7 triliun kaki kubik. Total E&P telah mengeluarkan investasi US$ 13 miliar dengan pengeluaran US$ 19 miliar dan pendapatan bruto US$ 90 miliar. Bagi hasil untuk pemerintah senilai US$ 56 miliar selama 40 tahun. Blok Mahakam dikuasai oleh Total E&P 50 persen dan sisanya Inpex Corporation.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.