Saturday, May 27, 2017

Pertamina dapat tambahan migas dari akuisisi Inpex

October 4, 2010 by  
Filed under BBG

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) bakal mendapatkan tambahan produksi minyak sekitar 7.400 barel oil per day (Bopd) dan gas 24,3 MMSCFD terkait dengan selesainya akuisisi Inpex Jawa Limited (IJL) oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Dwi Martono memperinci dari akuisisi IJL pihaknya bisa mendapatkan tambahan produksi minyak dari blok Offshore North West Jawa (ONWJ) sebesar 2.200 Bopd. Sementara itu, untuk tambahan produksi gas dari blok tersebut sekitar 15,3 MMSCFD.

“Kalau dari blok OSES [Offshore South East Sumatera] akan ada tambahan minyak sebesar 5.200 Bopd dan gas sebesar 9 MMSCFD,” ujar Dwi, hari ini.

Pertamina resmi mengakuisisi 100% saham IJL di ONJW dan OSES hari ini. Pada blok ONJW, IJL memiliki 7,25% participating interest. Sedangkan pada blok OSES, perusahaan Migas asal Jepang tersebut memiliki participating Interest sebesar 13,06%.

Dwi berharap pembelian ini mampu meningkatkan kontrol Pertamina atas blok ONWJ. Pasalnya, saat ini Pertamina menjadi pemilik mayoritas dengan bertambahnya kepemilikan participating interest menjadi sebesar 53,25%. Sebelumnya, perusahaan pelat merah ini hanya memiliki 46% participating interest melalui PHE ONWJ.

Dia menambahkan kalau sejak diakuisisi Pertamina, produksi minyak blok ONWJ terus meningkat dari 22.000 Bopd menjadi hampir 28.000 Bopd di 2010. Tahun depan, Pertamina menargetkan produksi di blok tersebut bisa mencapai 31.000 Bopd.

Blok ONWJ saat ini memasok kebutuhan gas untuk pabrik pupuk PT Pupuk Kujang di Cikampek dan Karawang, pembangkit listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Sementara itu, blok OSES memasok untuk kebutuhan PLN.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.