Monday, July 24, 2017

Pertamina dan Mitsui Akhiri Kerja Sama Proyek Kilang Cilacap

March 21, 2010 by  
Filed under BBM

PT Pertamina mengakhiri kerja sama dengan Mitsui & Co Ltd, Jepang, dalam proyek RFCC (residue fluid catalytic-cracking) di kilang Cilacap yang berkapasitas 60.000 bph terhitung sejak 21 Desember 2009 karena tidak tercapainya kesepakatan atas skema bisnis proyek tersebut.

Vice President Communications Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan kesepakatan pengakhiran kerja sama itu diputuskan sejak 21 Desember tahun lalu. Pengakhiran kerja sama itu, terkait dengan tidak tercapainya kesepakatan atas hal-hal tertentu dalam skema bisnis proyek.

“Pengakhiran kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan termination, mutual settlement, release and discharge agreement oleh kedua belah pihak pada 14 Januari 2010,” ujar Basuki, dalam siaran pers perusahaan, Kamis (18/3).

Pertamina dan Mitsui akan melikuidasi PT Pertamit Processing, perusahaan patungan yang didirikan kedua perusahaan berdasarkan hukum Republik Indonesia pada 26 Maret 2008. Perusahaan itu sedianya dibentuk untuk menjalankan proyek RFCC Cilacap, dalam hal ini Pertamina dan Mitsui memiliki saham sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

“Pengakhiran kerja sama ini tidak memengaruhi hubungan Pertamina dan Mitsui. Pertamina dan Mitsui tetap berkomitmen untuk membuka kesempatan untuk Bekerja sama dalam proyek-proyek lain berdasarkan atas asas bisnis yang saling menguntungkan,” ujar Basuki.

Pertamina, imbuhny, sedang menyelesaikan persiapan yang dibutuhkan dalam rangka membuka tender untuk kontraKtor engineering, procurement, and construction (EPC) untuk proyek ini.

Diberitakan sebelumnya, unit RFCC itu akan memproduksi premium dengan kapasitas sekitar 60.000 barel per hari. Mitsui memiliki saham sebesar 80% dan Pertamina 20% pada perusahaan patungan.

Proyek RFCC, menurut mantan Dirut Pertamina Ari Hernanto Soemarno, akan menelan investasi sekitar US$1,5 miliar dengan produk yang akan dilepas ke pasar domestik.

Pada awalnya, proyek direncanakan mulai digulirkan pada 2008 dan beroperasi pada 2010, sebelum akhirnya tertunda hingga saat ini.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.