Friday, January 20, 2017

Pertamina dan Encore Int’l Limited tandatangani Principles of Agreement

October 29, 2010 by  
Filed under BBM

Telah dilakukan penandatanganan Principles of Agreement antara PT Pertamina Persero dengan Encore Int’l Limited (EIL) untuk melakukan pembelian sebagian saham Encore Energy Pte Ltd (EEPL) yang dimiliki oleh Encore International Ltd (EIL), pada hari Jumat 15 Oktober 2010 pukul 17.30 WIB

Encore Energy Pte Ltd memiliki 50,7% saham di PT Medco Energi Internasional Tbk. MedcoEnergi, sebuah perusahaan yang didirikan di Indonesia, telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan bergerak di bidang Energi baik di Indonesia maupun diluar negeri.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk melanjutkan evaluasi ke tingkat Periode Exclusive (Exclusivity Period) terkait dengan proses penjualan dan pembelian porsi saham EIL di EEPL. Proses jual beli ini akan menjadikan Pertamina sebagai pemegang saham tidak langsung sebesar 27,9% di MedcoEnergi. Adapun porsi pemegang saham lain di MedcoEnergi tidak terganggu oleh transaksi ini.

Para pihak menyadari bahwa transaksi ini tidak mengakibatkan terjadinya “tender offer” untuk pemegang saham lainnya. Periode Exclusive ini akan berakhir pada tanggal 30 November 2010.

Transaksi ini memperkuat strategi pengembangan usaha kedua perusahaan melalui sinergi antara Pertamina dan MedcoEnergi. Sinergi antara perusahaan minyak dan gas terbesar dan terbaik di Indonesia menjadi dasar untuk kedua perusahaan tersebut menyatukan kemampuan teknis, keuangan, bisnis, manajemen dan sumber daya masing-masing untuk memaksimalkan keuntungan bagi semua pemegang saham yang bersangkutan terutama ketersediaan energi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejalan dengan semangat untuk melaksanakan konstitusi dimana sumber daya energi adalah milik rakyat dan bangsa Indonesia.

Bagi Pertamina transaksi ini merupakan langkah korporasi sebagai bagian dari upaya pemenuhan target peningkatan produksi, pemenuhan minyak mentah yang akan diolah di kilang Pertamina baik dari hasil bagian produksi di dalam maupun di luar negeri serta memastikan kerjasama proyek yang ada dapat dilanjutkan dengan lebih baik guna menunjang posisi Pertamina lebih kuat di dalam dan luar negeri.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.