Monday, January 23, 2017

Pertamina & BPK kerja sama sistem informasi

November 11, 2010 by  
Filed under BBM

Energi ;  PT Pertamina menjalin kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia untuk pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan kerja sama yang ditandai dengan penandatangan MoU antara pihaknya dengan BPK kemarin merupakan wujud keseriusan Pertamina dalam menjalankan GCG (Good Corporate Governance).

“Kesepakatan bersama ini meliputi pengembangan dan pengelolaan sistem informasi untuk akses data yang terdiri dari sistem aplikasi komputer, infrastruktur jaringan komunikasi, dan prosedur akses data,” ujar Karen dalam rilisnya, tadi pagi.

Sistem ERP (Enterprise Resources Planning) merupakan sebuah sistem aplikasi komputer yang terintegrasi ini akan lebih memudahkan BPK dalam melakukan identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi atas setiap transaksi bisnis dan keuangan yang dilakukan Pertamina, karena akan dengan mudah dapat dilihat, dikirim, diambil, dan digunakan untuk kepentingan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara.

Menurut Karen, sistem ini tentunya akan memberikan dampak positif untuk Pertamina karena bisa menjadi bukti keseriusan pihaknya yang ingin menerapkan prinsip bisnis yang transparan dan bersih dari segala praktik bisnis yang tidak bertanggungjawab.

Sebelumnya, pada 26 Agustus 2010 Pertamina telah menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya memerangi praktik korupsi maupun gratifikasi.

Keseriusan Pertamina dalam memerangi korupsi mendapat pengakuan yang tidak hanya datang dari internal Pertamina. KPK telah menempatkan Pertamina sebagai satu dari 11 institusi nasional yang meraih score index integritas tertinggi. Pertamina juga dipercaya oleh KPK untuk menjadi Pilot Project dalam pengelolaan gratifikasi di lingkungan BUMN.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.