Saturday, May 27, 2017

Pertamina Berminat Jadi Operator Blok Gas Cepu

February 4, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

PT Pertamina (Persero) meminta dukungan DPR RI dan para pemangku kepentingan lain untuk menjadi operator di lapangan gas di Blok Cepu, dan memfasilitasi perundingan normalisasi perjanjian kerja sama operasi Pertamina dengan Mobil Cepu Limited, anak perusahaan ExxonMobil Indonesia.
Kami mengharapkan dukungan DPR dan stakeholder lain untuk mendukung Pertamina menjadi operator di Blok Cepu dan memfasilitasi perundingan normalisasi JOA Pertamina-MCL agar Pertamina tidak menjadi tamu di rumah sendiri.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kamis , di Gedung DPR RI, Jakarta.

Menurut dia, Exxonmobil ditunjuk sebagai operator Blok Cepu oleh pemerintah dengan usulan bahwa Blok Cepu akan mulai berproduksi penuh pada tahun 2008. Namun berdasarkan kemajuan yang dicapai saat ini, perkiraan produksi paling cepat dapat terlaksana tahun 2014.

Pertamina mengusulkan untuk menjadi operator pengembangan gas di Blok Cepu agar pengembangan dapat lebih cepat, lebih rendah biayanya, dan dapat diintegrasikandengan beberapa proyek di sekitar Blok Cepu yang saat ini sudah berjalan, antara lain, Proyek Pengembangan Gas jawa (PPGJ), Proyek Pengembangan Gas Tiung Biru, JOB Pertamina Tuban, dan area Lapangan Cepu PT Pertamina EP.

“Kami mengharapkan dukungan DPR dan stakeholder lain untuk mendukung usulan Pertamina menjadi operator di Blok Cepu dan memfasilitasi perundingan normalisasi JOA Pertamina-MCL agar Pertamina tidak menjadi tamu di rumah sendiri,” kata Karen menambahkan.

Atas dasar itu, anggota Komisi VII DPR RI Satya W Yudha meminta agar Pertamina menyiapkan strategi perusahaan untuk mengambil alih pengelolaan blok-blok migas yang sudah habis masa kontraknya mulai 2010. “Jangan sampai kami sudah mendorong agar segera mengambil alih blok-blok migas, ternyata Pertamina bilang tidak sesuai dengan portofolio strategi perusahaan,” ujarnya.

kompas.com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.