Friday, January 20, 2017

Pertamina bantah kelangkaan solar di Balikpapan

March 5, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

BALIKPAPAN – Isu kelangkaan solar di SPBU Balikpapan dibantah Pertamina. Menurut Asisten Eksternal Relation Pertamina Region VI Kalimantan Bambang Irianto, Pertamina tidak pernah mengurangi pasokan solar.

“Tidak langka kok. Kami tetap mendistribusikan solar sesuai kuota yang diminta pemerintah dan Dewan [Pemkot & DPRD Balikpapan]. Sesuai permintaan pemerintah, kuota untuk Balikpapan sebanyak 120 kilo liter per hari tidak pernah dikurangi,” kata Bambang, hari ini.

Meski demikian, Bambang mengaku bahwa pasokan solar subsidi ke masyarakat kerap kekurangan ketika didistribusikan ke SPBU. Kondisi ini bukan kali ini saja terjadi. “Dari dulu memang begitu, yang namanya solar habisnya pasti cepat. Tapi ingat, ini bukan langka karena setiap hari kami selalu distribusikan sesuai kuota yang diminta pemerintah. Pertamina hanya mendistribusikan dan tak pernah mengurangi kuota,” tegasnya.

Dia juga mengakui bahwa setiap tahunnya tren pemakaian BBM selalu mengalami kenaikan. Bahkan, katanya, jika dibandingkan dengan kuota yang diminta konsumsi BBM tak seimbang. Pada 2010 ini kuota solar subsidi naik 1% dari realisasi 2009.

Isu kelangkaan solar sejak 2 hari lalu diakui oleh Haryanto, sopir truk lintas provinsi yang sedang mengisi solar di SPBU Gunung Malang. Namun, menurut dia, itu hanya terjadi di SPBU Km 9.

“Kemarin [Kamis] antrean di SPBU Km 9 memang panjang, itu truk-truk pada antre karena solar habis. Saya juga kemarin mau isi solar di sana tidak jadi karena antreannya panjang betul. Tapi ternyata di dalam kota tak ada antrean, artinya Balikpapan masih amanlah, beda dengan Banjarmasin dan Tanjung yang memang solarnya langka,” tutur Haryanto. Berdasarkan pantauan Bisnis.com di sejumlah SPBU, memang tidak terlihat antrean panjang.

Bisnis.com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.